Personalized Marketing Jadi Kunci Engagement

Personalized Marketing Jadi Kunci Engagement

Pemasaran yang terpersonalisasi memainkan peranan penting sekaligus ampuh bagi merek dalam membangun engagement dengan konsumen. Ini telah mengubah permainan dalam berbisnis dengan cara menarget konsumen.

Di era digital ini, percayakah kamu kalau usaha pemasaran bisa menargetkan ke semua orang? Apakah dengan satu pesan efektif ke semua orang? Atau iklan yang dijalankan bisa sampai ke semua orang dengan efektif? Zaman itu sudah lewat. Pelanggan ingin iklan yang spesial buat mereka.

Lalu, bagaimana caranya untuk membuat pelanggan terpikat di era digital seperti saat ini? Di dunia digital yang berkembang pesat, menggabungkan seni memberikan pesan ke pelanggan dengan akurasi yang tepat menjadi aspek yang penting. Di sinilah, personalized marketing berada, mengubah cara permainan dalam berbisnis dengan cara mereka menargetkan orang.

Bayangkan, mendapatkan email yang khusus buat kamu atau iklan yang tahu apa saja yang kamu inginkan yang merupakan hasil dari personalized marketing. Personalisasi merupakan cara untuk memasarkan produk yang tepat kepada pelanggan yang tepat melalui channel yang tepat. Ini menunjukkan bahwa personalized marketing mendengarkan kebutuhan dan pilihan pelanggan, serta membantu perusahaan untuk mengerti apa yang diinginkan oleh para pelanggannya.

Ubah Customer Relationships

Sejatinya, personalized marketing seperti simfoni indah di mana pesan dan pengalaman dirancang khusus untuk setiap pelanggan. Keajaiban ini merupakan hasil yang bergantung terhadap data dan analisis, mengerti apa yang disukai oleh pelanggan dan mengerti bagaimana perilaku konsumen. Dengan adanya keajaiban dalam digital ini, pebisnis dapat membuat konten yang terhubung kepada setiap individu. Mulai dari email yang khusus untuk setiap individu agar perjalanan online terasa lebih spesial.

Personalized marketing membuka banyak jalan. Bertujuan untuk menghubungkan minat pelanggan dengan loyalitas sehingga menjadikan penjualan yang lebih besar. Namun, hal terpenting yang harus diingat yaitu; transparansi. Pelanggan harus paham bagaimana data mereka akan digunakan dan mewajibkan setiap individu untuk memastikan kepercayaan dan privasi pelanggan.

Koneksi Menarik, Transaksi Lebih Banyak

Keterlibatan pelanggan dalam personalized marketing merupakan hal inti yang harus dijaga. Hal ini melibatkan keseharian pelanggan dan menjadikan cerita yang berarti. Dengan mendapatkan iklan ataupun pesan yang dibuat khusus untuk setiap individu, dan juga mengerti apa yang diinginkan dan disukai merupakan perubahan inti dari personalized marketing

Menjadikan pesan yang ditawarkan oleh setiap merek sesuai apa yang diinginkan oleh pelanggan, memberikan makna bahwa mereka bukan hanya seorang pembeli, tapi mereka merupakan kolaborator yang membuat pengalaman unik. Cara tersebut berpengaruh terhadap interaksi, komunikasi serta menjadikan loyalitas terhadap merek bertambah hingga 75% dengan pengalaman personalized digital.

    Kisah Sukses

    Pada tahap ini, merupakan sebuah testimoni bahwa penggunaan personalized marketing lebih dari seni. Ini merupakan proses dari menjaga hubungan dengan pelanggan yang lebih dari sekadar transaksional. Ada tiga kasus personalized marketing yang luar biasa.

    Pertama, Netflix. Sebuah virtuoso dalam pengalaman pengguna yang disesuaikan, Netflix mengatur simfoni pemasaran personalisasi. Didorong oleh kebiasaan penonton pengguna, sehingga membentuk rekomendasi konten yang memikat setiap penonton, menumbuhkan keterlibatan dan kebahagiaan.

    Kedua, Spotify. Berkembang di ranah personalized marketing, Spotify menggabungkan melodi dengan jiwa. Dengan memanfaatkan pola pendengarnya, Spotify membuat daftar putar personal dan rekomendasi musik, menciptakan ikatan harmonis dengan setiap pengguna.

    Ketiga, Uniqlo. Uniqlo merancang persona untuk mengidentifikasi audiens sempurna mereka. Dengan menggunakan personalized marketing, mereka telah meningkatkan hasil seperti CTR %, persentase klik-ke-sesi situs web, dan kontribusi penjualan ke puncak yang baru.

    Akhirnya di dunia digital, personalized marketing telah menjadi alat yang luar biasa. Membantu menciptakan koneksi yang lebih kuat antara brand dan pelanggan. Ini mengubah interaksi biasa menjadi istimewa, membuat pelanggan merasa seperti mitra dalam perjalanan penemuan dan kebahagiaan. Jenis pemasaran ini membuat transaksi lebih menarik, seperti bercerita, dan setiap kali pelanggan berinteraksi dengan brand terasa lebih difokuskan pada audiens. Saat teknologi berkembang, personalized marketing akan terus memainkan peran besar dalam menentukan bagaimana perasaan pelanggan di masa depan.

     AiSensum membantu merek, seperti Uniqlo, Asics, This Is April, dan 30 merek lainnya di Indonesia, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan kekuatan personalized marketing untuk pertumbuhan bisnis dan keterlibatan pelanggan. Semoga merek-merek ini berusaha meningkatkan penjualan dengan teguh dan menjaga hubungan pelanggan yang selalu berkembang.

    Sejatinya, personalized marketing seperti simfoni indah di mana pesan dan pengalaman dirancang khusus untuk setiap pelanggan.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Scroll to Top