100 Usaha Modal Kecil Untung Besar

Henky Eko Sriyantono Motivator Nyata Pengusaha Kuliner

Bisnis kuliner memang tak ada matinya. Hal itu mungkin juga menjadi penyemangan lulusan teknik sipil ini untuk terjun ke bisnis kuliner. Kita semua tentu mengenal Bakso Cak Eko kan? Benar, lelaki bernama Henky Eko Sriyantono ini merupakan pemiliknya. Bagaimana Henky Eko Sriyantono bisa menjatuhkan hati pada bisnis kuliner? Dan bagaimana lika liku kehidupan Henky Eko Sriyantono? Simak ulasannya berikut ini.

Profil Henky Eko Sriyantono

Henky Eko Sriyantono lahir di Kota Pahlawan, Kota Surabaya pada 5 Mei 1974. Henky Eko Sriyantono merupakan pemilik tunggal bisnis Bakso Malang “Cak Eko”. Selain itu, Henky Eko Sriyantono juga telah melebarkan sayap di waralaba kuliner ayam dan bebek.

Dari tahun 2007, Henky Eko Sriyantono menjadi Pemilik & Pendiri Waralaba Ayam & Bebek Goreng Sambel hingga saat ini. Selain itu Henky Eko Sriyantono juga menjadi Pemilik & Pendiri Waralaba Soto Ayam Kampoeng Jolali dari tahun 2006 hingga sekarang. Dan terbaru, tahun 2009 Henky Eko Sriyantono menjadi Pemilik dan Pendiri Waralaba Bakmi Jawa Jogya Mbah Tarmo.

Henky Eko Sriyantono tak memiliki basic dalam kuliner sama sekali. Henky Eko Sriyantono menempuh pendidikan tingginya di jurusan teknik sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada 1992 hingga 1996. Sedangkan Gelar Masternya didapat dari S2 Teknik Sipil Manajemen Proyek Universitas Indonesia tahun 2001 hingga 2003. Saat ini Henky Eko Sriyantono telah menetap di Jl. Raya Hankam Jatiwarna, Jati Melati, Bekasi, Jawa Barat sesaukms.or.id/l terus mengurusi bisnisnya.

Selain berkarir di bidang kuliner, Henky Eko Sriyantono juga menjadi seorang penulis yang telah menelurkan banyak karya. Beberapa bukunya yang terkenal adalah Resep Paling Manjur Menjadi Karyawan Kaya Raya yang diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo pada Oktober 2007, kedua buku berjudul 15 Jurus Antirugi Buka Usaha Rumah Makan yang juga diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo pada 2 Juli 2008.

Ditahun yang sama, tepatnya 22 Oktober 2008 bukunya diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo berjudul Obat Paling Mujarab Sembuhkan Penyakit Penyebab Kebangkrutan Usaha. Selang 2 bulan, pada 22 Desember 2008 bukunya yang berjudul The Cak Eko Way, Kiat Menggapai Kesuksesan Bisnis Bermodal Tekad & Sedekah juga terbit.

Henky Eko Sriyantono Motivator Nyata Pengusaha Kuliner , Motto ‘Vita militia est’ yang berarti hidup adalah perjuangan layak disematkan pada pria yang telah mendapat banyak prestasi dan penghargaan tersebut.

Beberapa diantaranya adalah Indonesian Innovative Creative Award 2007 dari Menteri Koperasi & UKM, Menakertrans & Menperin pada tahun 2007; Indonesian Small Medium Business Entrepreneur Award dari Menkop & UKM tahun 2007; Pernenang I Bisnis Indonesia Young Entrepreneur Award tahun 2008; The Best in Business Prospect Indonesia Franchise tahun 2008; dan masih ditahun yang sama Henky Eko Sriyantono menjadi Pemenang I Wirausaha Muda Mandiri kategori Mahasiswa Program Pascasarjana dan Alumni.

Karir Henky Eko Sriyantono

Lika liku karir Henky Eko Sriyantono patut kita jadikan bahan motivasi dan renungan agar kita juga dapat sukses. Selepas menyelesaikan gelar sarjananya, Henky Eko Sriyantono merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan kontraktor BUMN, antara tahun 1996-1997.

Henky Eko Sriyantonopun pindah ke Jakarta pada tahun 1997 tersebut, ia masih kost saat itu. Bermula dari kehidupannya di Jakarta itulah, ia mulai memikirkan untuk berkiprah di jalur bisnis. Langkah awalnya adalah jual beli handphone second. Walau hanya bertahan dalam kurun waktu 8 bulan, namun diakui Henky Eko Sriyantono bahwa ia mendapat pengalaman berharga tentang bisnis. Dirinya seperti di tempa oleh pengalaman konkret dalam berbisnis.

Bisnis kedua, Henky Eko Sriyantono menjajal kemampuannya di bisnis MLM alias Multi Level Marketing. Dan lagi-lagi hanya berumur bulanan. 5 bulan ia memutuskan keluar dari bisnis tersebut karena tak memiliki downline. Ketiga, Henky Eko Sriyantono bekerjasama dengan temannya untuk budidaya jahe gajah, namun mereka gagal panen dan merugi.

Keempat, Henky Eko Sriyantono memutuskan untuk berbisnis dompet dan tas. Kala itu ia menjual dompet dan tas yang diproduksi dari Tanggulangin, Sidoarjo. Dan ia berhasil memasukkan produk-produk tersebut ke sejumlah butik di mal di Jakarta, namun sayang, ia kesulitan menjaga cash flow, bisnis ini bertahan setahun saja. Setelah bisnis itu, Henky Eko Sriyantono menjajal bisnis di bidang penjualan busana muslim, dan hanya bertahan 8 bulan.

Tahun 2002, Henky Eko Sriyantono pergi ke Jogja, dan dari sana minat bisnisnya kembali terkuak setelah melihat kerajinan miniatur sepeda. Namun lagi-lagi ia salah strategi, bisnis ini bertahan satu tahun dan pungkasannya Henky Eko Sriyantono harus menjual mesin las untuk membayar karyawan.

Henky Eko Sriyantono pun sempat kalang kabut dengan kegagalannya. Setelah itu ia mendapatkan kalimat dari dalam buku yang ia baca, ‘jika ingin sukses berbisnis mulailah dari hobi’. Henky Eko Sriyantonopun berfikir bahwa hobinya adalah masak, berarti ia harus coba bisnis makanan. Henky Eko Sriyantonopun segera membuka bisnis catering. Ia memiliki 12 langganan, namun setelah tiga bulan hanya tersisa tiga pelanggan. Iapun menutup bisnis itu dengan perasaan frustasi.

Henky Eko Sriyantono kembali memutar otak, pilihannya jatuh pada bisnis franchise. Henky Eko Sriyantono membeli franchise makanan ringan yang saat itu seharga 5 juta. Alhamdulillah, selama 3 bulan omset terus naik, namun bulan keempat omset merosot. Iapun memindahkan lapaknya karena berfikir mungkin tempatnya kurang strategis. Dalam setahun Henky Eko Sriyantono memindahkan lapaknya hingga 3 kali, namun tak ada perubahan. Akhirnya kandas pula bisnis makanan ringan ini.

Tahun 2005, Henky Eko Sriyantono melihat outlet bakso di bandara. Dan dari sanalah semangat bisnisnya kembali. Henky Eko Sriyantono rajin mencari info tentang bakso. Berbulan bulan lamanya, Henky Eko Sriyantono mempelajari dunia perbaksoan.

Dengan modal awal 2,5 juta Henky Eko Sriyantono membuka Bakso Malang. Mungkin beginilah takdir, dihari pertama Henky Eko Sriyantono memperroleh omset hampir sepertiga dari modalnya, sekitar 900 ribu rupiah. Omsetnya terus menerus menunjukkan keberhasilan dalam berbisnis, iapun dapat membuka cabang. Hingga saat ini, Henky Eko Sriyantono memiliki lebih dari 100 cabang di Indonesia, beberapa miliknya sendiri, beberapa menggunakan sistem franchise. Frinchise yang ia tawarkan beragam, mulai dari harga 60 juta hingga 120 juta.

Begitulah lika liku perjalanan bisnis Henky Eko Sriyantono. Ia gagal lalu bangkit, gagal lalu bangkit dan hingga 10 kali gagal ia tetap melakoni dunia bisnis hingga akhirnya bisa sesukses sekarang ini. Omset yang ia terima setiap bulannya adalah jutaan rupiah.

Henky Eko Sriyantono mengakui bahwa dukungan sang istri juga berpengaruh. Ia mengatakan bahwa istrinya tahu bagaimana komitmen Henky terhadap usaha sehingga pada saat melakukan usaha bakso, mindset bisnisnya sudah terbentuk. Mulai dari bagaimana Henky tetap berjuang untuk meyakinkan bahwa pintu kesuksesan tinggal satu langkah lagi. Henky selalu meyakinkan istrinya. Akhirnya pada saat Henky buka usaha bakso, kerangka pemikiran sang istri sudah terbentuk untuk berwirausaha, Henky Eko Sriyantono Motivator Nyata Pengusaha Kuliner.

Mudahnya Menjalankan Bisnis Camilan Di Indonesia

Konsep menjalankan suatu bisnis adalah kita mengerti dan mendapatkan segala informasi yang cukup tentangnya. Kemudahan dalam menjalankannya juga menjadi faktor yang sangat penting. Bisnis haruslah mudah dan profitable.

Konsep Untuk Bisnis Camilan di Indonesia

Market yang kita bidik sebagai loyal customer haruslah selalu berada di dekat kita. Jika kita selalu kesulitan untuk mencari target pasar yang tepat untuk bisnis yang kita jalankan, lebih baik kita evalusi bisnis kita dalam segi profit, efisiensi, pengembangan usaha , dan termasuk barang yang kita jual.

Jika ternyata selama ini hanya kerugian yang kita dapat dari bisnis yang kita jalankan mengapa kita tidak berhenti dan mencari peluang yang baru, mencoba bisnis yang baru, yang lebih profitable, yang tidak membuat kita dikejar-kejar oleh target?. Bisnis haruslah menyenangkan dan selain mendatangkan keuntungan juga mendatangkan kebahagiaan dalam menjalani seluruh prosesnya. Tapi faktor logis selayaknya menjadi nomor satu dalam menjalankannya, yaitu kecepatan balik modal dan meraih keuntungan yang konsisten.

Apakah bisnis yang mudah dalam menjalankannya , cepat dalam hal balik modal, dapat meraih keuntungan yang konsisten, mudah mencari target market, dan tidak mengganggu aktifitas kita sehari-hari ? . Bisnis Camilan ya itulah jawabannya. Setiap pekerja, mahasiswa, anak sekolah, ibu-ibu rumah tangga pastilah mencari barang yang satu ini yaitu camilan.

Mudahnya Menjalankan Bisnis Camilan Di Indonesia  , Camilan disebut juga sebagai foodbooster oleh sebagian orang. Jika mood terasa buruk dan tidak bisa fokus menjalankan aktifitas, maka camilanlah yang menjadi penyemangatnya. Kebiasaan nyamil telah mengakar di masyarakat Indonesia secara keseluruhan disemua kalangan.

Setiap camilan punya target market sendiri-sendiri tapi yang jelas, semua orang jika ketemu camilan apapun pasti suka. Keputusan calon customer untuk memutuskan pembelian terhadap camilan paling mudah dibandingkan memutuskan pembelian pada barang yang lain. Jika anda membawa dagangan dompet ke kampus atau kantor mungkin hanya laku beberapa saja tapi beda ketika anda membawa camilan, dalam waktu sebentar saja barang dagangan anda akan langsung habis.

Untuk menggeluti bisnis camilan, tidak perlu memproduksi sendiri. Kita cukup jadi reseller dulu sampai menghasilkan keuntungan yang konsisten. Jika profit stabil sudah diperoleh dan mempunyai cukup modal untuk memproduksi sendiri, barulah membuat brand dan rumah produksi sendiri.

Sampai saat ini bisnis camilan merupakan bisnis yang mempunyai karakter paling fleksibel dibandingkan dengan bisnis yang lain. Produksi atau pembelian stock dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan market. Jika kita menemukan market yang masih kecil, kita menstock barang dalam jumlah kecil jika market mulai membesar, kita tingkatkan stocknya. Jadi tidak akan ada kerugian yang berarti karena kapasitas stock bisa disesuaikan dengan kapasitas market yang sudah kita peroleh

2 Tipe Bisnis Camilan

Camilan dibagi menjadi dua yaitu camilan basah dan camilan kering. Berikut ulasan bisnis camilan.

Camilan kering

Anda bisa membeli bermacam-macam camilan secara kiloan di pusat-pusat perbelanjaan seperti di mangga dua, pasar turi atau pasar atom. Harga camilan kering ini berkisar Rp 65.000 sampai Rp 120.000 perkilogram. Setelah anda beli, kemudian anda bisa menjual pada kemasan kecil-kecil dengan harga Rp 500 sampai Rp 5000 dengan kemasan 200 gram sampai 500 gram.

Doni yang berprofesi sebagai accounting di salah satu perusahaan di Jakarta telah enam bulan berjualan camilan di lingkungan kantornya. Sebelum Doni pergi kepasar untuk membeli stock camilan, sudah banyak pesanan dari pelanggan melalui bbm sehingga, keuntungan yang didapat sudah tergambar dengan jelas bahkan ketika doni belum membeli stock camilannya. Camilan yang dipilih Doni untuk dijadikan bisnis adalah jenis Camilan kering.

Doni mengaku dalam sehari penghasilan dari menjual camilan mencapai Rp 75000. Jika ditotal sebulan, penghasilannya dari menjual camilan mencapai 50% dari gajinya sebagai accounting. Doni juga mengatakan tidak ingin memperluas usahanya terlalu jauh. Ia hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai anak kos.

Camilan Manisan/Rujak

Ibu Haryono memulai bisnis camilan asinan dan rujaknya secara tidak sengaja. Waktu itu ibu haryono ada acara arisan di Rumahnya dan ia menghidangkan rujak dan manisan kepada para tamunya. Tanggapan positif langsung datang dari para tamunya. Beberapa tamu menanyakan ke pada bu haryono dimana ia membeli rujak dan manisan iyang dihidangkan. Sontak terkejut ketika semua mengetahui bahwa bu haryonolah yang membuat semua hidangan itu.

Ibu-ibu Pkk langsung menyarankan pada bu Haryono untuk menjalankan bisnis rujak dan asinan. Gayung bersambut Bu haryono langsung menanggapinya dan akhirnya banyak ibu-ibu Pkk yang pesan pada malam itu Juga. Bu haryono dengan spontan membandrol harga Rujak dan Asinannya seharga Rp 12.000 perbungkus. Ibu-Ibu menangggapi sangat baik harga yang dikeluarkan oleh Bu Haryoryono perbungkus Rujaknya.

Selang 6 bulan kemudian tepatnya Januari 2015 kemarin, Bu haryono dapat menjual Rujak dan asinannya sebanyak 100 bungkus per hari. Omset Bu haryono perbulan mencapai angkaRp 36.000.000. Bu Haryono tidak menyangka kejadian yang sangat simple itu telah mengantarkannya menjadi pengusaha ibu rumh tangga yang sukses.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk berbisnis camilan, Mudahnya Menjalankan Bisnis Camilan Di Indonesia

Sehatnya Bisnis Kesehatan Tubuh di Kota Besar

Kekuatan tubuh ada batasnya. Ketika kita tidak sanggup lagi melakukan aktifitas fisik tetapi kita terus memaksakannya, akan timbul rasa capek dan pegal yang amat sangat pada tubuh. Pijat reflexi dan jasa pijat sering menjadi solusi untuk menjadikan tubuh kita bugar kembali.

Tak disangka-sangka kebutuhan kita akan kebugaran tubuh direspon cepat oleh pelaku bisnis. Belum lama berselang, popularitas bisnis jasa pijat reflexi semakin meningkat. Dari pijat menggunakan tenaga manusia, sampai pijat menggunakan mesin.

Dari segi tarif, jasa pijat reflexy memiliki tarif yang beragam, sesuai dengan segmentasi konsumen masing-masing. Tarif pijat reflexi mulai tukang pijat keliling sampai jasa pijat reflexy yang ada di mall-mall, berkisar antara Rp 25.000 sampai Rp 150.000.

Customer tetap pijat reflexy yang ada di mall-mall kebanyakan adalah eksekutif muda, mahasiswa, pebisnis, ibu rumah tangga, dan pekerja kantoran. Sedangkan pelanggan pada tukang pijat keliling kebanyakan adalah anak kecil, orang tua, dan orang-orang yang benar-benar mengalami salah urat atau keseleo.

Pelaku bisnis tidak hanya merespon kebutuhan market akan pijat reflexy pada bentuk jasa tetapi, mereka juga meresponnya dengan memproduksi alat pijat. Waktu yang sibuk telah membuat beberapa konsumen tidak sempat datang ke tempat jasa pijat sehingga alat pijat inilah yang menjadi solusi bagi mereka untuk menghilangkan rasa lelah. Alat Pijat reflexology tidak kalah kualitasnya jika dibandingkan dengan tempat jasa pijat. Hanya saja kita harus mahir menggunakan alat pijat ini.

Sehatnya Bisnis Kesehatan Tubuh di Kota Besar  ,  Alat pijat yang ada dipasaran terbagi dua yaitu alat pijat modern dan alat pijat tradisional. Alat pijat modern atau mesin pijat memerlukan listrik untuk menggunakannya sedangkan alat pijat tradisional biasanya berasal dari kayu dan digunakan dengan menekan-nekannya ke bagian tubuh.

Biasanya alat pijat tradisional dapat didapatkan di tempat pameran umkm, di bis Kota, di pusat produksinya, dan sekarang bisa didapat di Internet. Alat pijat tradisional memiliki harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp 5000 sampai Rp 25.000 per unit. Alat pijat modern terdapat di toko yang menjual produk kesehatan dan dibandrol dengan harga Rp 250.000 sampai Rp 1.000.000

Berikut adalah ulasan dari pelaku bisnis jasa pijat dan alat pijat pijat dalam menjalankan bisnisnya.

Bisnis Jasa dan Alat Pijat Di Pontianak

Pusat Informasi Penyedia Jasa Di Pontianak  , Fivestar Reflexology

Tempat jasa pijat Fivestar Reflexology adalah yang paling terbesar di Jakarta dan termasuk tempat pijat berkelas premium. Tempat ini menyediakan banyak pelayanan pijat mulai dari totok wajah, bekamp,terapi hot stone, ear candle dan herbal steam pocket. Lokasinya berada di Sunter Meruya, Daan Mogot, Kelapa Gading.

Setiap hari Fivestar reflexology rata-rata dkunjungi 50 sampai 120 customer mulai dari buka sampai tutup. Harga jasa pijat di bandrol mulai dari Rp 10.000 jasa kop kaki sampai Rp 150.000 jasa bekamp. Rata-rata omsetnya mencapai Rp 8.000.000 sampai Rp 15.000.000 sehari dalam satu cabang.

Selama ini Fivestar Reflexology menggunakan saluran penjualan online melalui situ-situs pemotongan harga seperti disdus, groupon, dan living social. Selain itu Tempat pijat ini juga bekerjasama dengan beberapa kartu kredit untuk beberapa promosi paket dan produknya. Five star Refloxology ini mempunyai 25 pegawai setiap satu cabang. Pemiliknya mengaku modal awal dalam membangun bisnis ini cukup besar yaitu sekitar Rp 500.000.000

99 Family reflexology

Kecanggihan penggunaan teknology pada tempat jasa pijat yang satu ini kian nampak disekitrar ruangan. Jenis jasa pijat yang ditawarkanpun lebih banyak mulai dari foot reflexology, traditional massage, tuina masssage, thailand massage, shiatsu massage, coin massage,, indiana massage, ear candle dan masker scrub.

Pemijatnya pun berasal dari orang asing tempat dimana jenis pijat itu berasal. Tempat pijat 99 family reflexology mempunyai 20 karyawan termasuk para pemijatnya. Setiap hari tidak kurang dari 50 pengunjung hadir di tempat ini. Favorit dari pengunjung adalah shiatsu massage. Shiatsu Massage menjadi layanan jasa yang paling digemari karena teknik pijatnya yang lain dari seluruh teknik pijat yan g ada di Indonesia.

Tarif dari 99 Family reflexology berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 120.000. Tempat pijat yang buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam ini telah membukukan omset sekitar Rp 2.500.000 sehari. Lingkungannya yang kurang strategis tidak membuat tempat ini sepi pengunjung. Social media dan jaringan komunitas antara sesama pengusaha bisnis reflexology, telah menjadi senjata utama dalam memarketingkan bisnisnya.

 Alat Pijat Kayu

Memiliki bentuk segitiga dengan dua ujung lincip dan satu berujung gepeng, alat pijat ini menjadi favorit bagi sebagian orang. Pak Amin telah lima tahun memproduksi alat pijat ini bersama dua orang karyawannya. Dalam sehari pak amin dapat memproduksi 100 unit alat pijat kayu.

Dalam hal pemasaran pak amin menjajakan alat pijat kayu ini ke bus-bus kota dengan memanfaatkan jasa pedagang keliling. Setiap unit alat pijat yang laku terjual, pak amin memberikan upah Rp 1000 pada pedagang tersebut. Pak Amin membandrol harga pijat kayu ini Rp 5.000 sampai Rp 6.500.

Media pemasaran Pak amin bertambah sejak bertemu dengan ridho yang berprofesi sebagai blogger. Kini alat pijat Kay Pak amin dapat diperoleh melalui Internet. Sejak kenal Dengan ridho, pak amin dapat meningkatkan penjualannya secara pesat. Kini Pak amin dapat menjual alat pijat kayu sebanyak 90 sampai 100 unit sehari mendekati angka produksinya, Sehatnya Bisnis Kesehatan Tubuh di Kota Besar .

Peluang Unik Bisnis Souvenir Pernikahan  di Masa Kini

Tidak seorang pun ingin pernikahannya menjadi tidak berkesan. Dan kesan yang indah itu bisa tercipta karena berbagai detil kecil yang kadang terlupakan. Salah satu detil yang akan diingat itu ialah suvenir pernikahan. Karenanya suvenir pernikahan merupakan sebuah detil yang tidak boleh terlupakan. Suvenir pernikahan bisa menjadi lambang ucapan terimakasih sehingga terus bisa diingat. Selain itu, suvenir pernikahan juga ditujukan agar para undangan mengenang momen pernikahan.

Mengingat bagusnya peluang bisnis dalam bidang ini, Anda juga bisa mendirikan sebuah usaha suvenir pernikahan. Berikut ialah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendirikan usaha suvenir pernikahan.

Langkah-langkah Persiapan Bisnis Souvenir Pernikahan:

  1. Siapkan modal untuk memulai usaha.
  2. Dapatkan alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan.
  3. Peroleh barang-barang bekas, seperti karton, kardus, dan kertas
  4. Perkaya pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat suvenir, baik dengan membaca buku atau belajar sendiri.
  5. Dapatkan ide kreatif dan inovatif untuk bisa membuat suvenir yang memiliki daya pembeda dan unik.

Langkah-langkah pelaksanaan:

  1. Lakukan produksi secara bertahap. Saat memulai usaha souvenir pernikahan sebaiknya Anda membuat produk souvenir dalam jumlah yang terbatas dahulu. Jika jumlah pembeli meningkat, skala produksi bisa diperbesar.
  2. Wujudkan ide kreatif dan inovatif untuk membuat souvenir yang memiliki daya pembeda dan unik. Selalu buat desain souvenir yang berbeda dalam sebuah jangka waktu yang tertentu, misalnya sebulan sekali. Akan lebih baik jika Anda memiliki sebuah database karya souvenir sehingga Anda bisa memantau hasil kreasi Anda dan untuk mencegah pengulangan pola sebuah karya. Dengan begitu Anda akan terpacu untuk terus berinovasi dan menghindari pola yang berulang dan monoton.

Langkah-langkah promosi dan marketing:

  1. Beritahukan usaha Anda dari mulut ke mulut. Anda melakukan langkah marketing dari lingkup terdekat Anda, misalnya kerabat dekat, tetangga, dan sebagainya.
  2. Sebarkan brosur usaha Anda di tempat-tempat strategis.
  3. Terbitkan iklan di media cetak atau elektronik.

Tantangan:

  1. Sebuah pesanan bisa seketika dibatalkan padahal Anda sudah bersusah payah memproduksi.
  2. Usaha lain mencoba meniru desain souvenir yang Anda buat. Inilah mengapa Anda harus selalu berkreasi. Sehingga saat para pesaing meniru, Anda sudah membuat desain baru yang lain.
  3. Terdapat produk souvenir dari pesaing yang lebih berkualitas dari produksi Anda. Untuk itu, selalu jaga kualitas produk Anda.

 Tips Memulai Usaha Souvenir Pernikahan

Tentunya kita harus menyukai dulu pernak pernik souvenir pernikahan ini, karena biasanya aktivitas kegiatan kita akan banyak dihabiskan untuk survey dan mencari pernak pernik souvenir pernikahan yang sesuai dengan tema pernikahan

Anda tidak perlu membeli banyak-banyak tetapi cukup menentukan jenis souvenir pernikahan lalu membeli masing-masing contohnya saja.

Selain Anda melakukan promosi “gethok thular” , jejaring dengan pihak EO, atau recepsionis hotel yang mengetahui jadwal-jadwal pernikahan adalah salah satu kunci sukses ketika kita ingin menjalankan peluang usaha ini.

Karena dengan Anda mengetahui orang-orang yang akan melakukan pernikahan, Anda bisa dengan mudah menawarkan souvenir pernikahan ini kepada mereka.

Dan ingat, tidak selalu harus menjual souvenir pernikahan, tetapi kita juga bisa menawarkan souvenir lucu ini kepada mereka yang akan berulang tahun, mengadakan seminar/gathering, dll

Bagaimana dengan modal usahanya untuk memulai menyediakan souvenir pernikahan ini? Modal usaha ini sesuai dengan tingkat pemesanan, jika kita mendapatkan order dalam jumlah banyak ya itu berarti kita mestinya harus mengeluarkan modal awal dulu untuk membeli souvenir pernikahan ini.

Terus survey untuk melihat souvenir pernikahan ini dimana ya? Di Indonesia ini, banyak sekali pilihannya tentu saja. Anda bisa berkunjung ke pasar Beringharjo Yogyakarta, atau di pasar Mangga Dua jakarta untuk menemui ratusan jenis souvenir pernikahan yang lucu, unik-unik.

Namun pada intinya usaha souvenir pernikahan ini adalah salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan di waktu luang dan menghasilkan keuntungan yang besar. Anda tertarik?

Untuk memulai usaha souvenir pernikahan anda perlu mengetahui siapa saja orang yang akan menjadi sasaran atau target untuk usaha ini. Berikut adalah beberapa orang yang menjadi

Target Usaha Sovenir Pengantin

yaitu di antaranya:

  1. Namanya juga souvenir pernikahan pasti dibutuhkan oleh para calon pengantin yang akan segera melangsungkan pesta pernikahan.
  2. Sovenir ini juga dibutuhkan oleh seseorang yang akan merayakan ulang tahun.
  3. Pada orang yang akan melakukan acara untuk kelahiran anak
  4. Panitia acara-acara tertentu.

Setelah sasaran ditentukan langkah awal untuk memulai usaha souvenir pernikahan adalah dengan melakukan survey ke beberapa toko souvenir pernikahan.

Setelah itu anda dapat menentukan bentuk souvenir pernikahan yang unik dan menarik yang akan anda jual. Pastikan tidak membeli souvenir dengan harga mahal. Karena anda baru pemula sebaiknya jangan membelinya dalam jumlah yang fantastis.

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan untuk menjalankan usaha souvenir pernikahan adalah sebagai berikut:

  1. Mendatangi gedung-gedung yang biasa digunakan untuk acara pernikahan ataupun acara ulang tahun.
  2. Melakukan pendekatan kepada resepsionis gedung untuk mengetahui jadwal acara pernikahan atau ulang tahun tersebut.
  3. Untuk memudahkan anda menggali informasi dari resepsionis, anda bisa berjanji untuk memberikannya tip jika souvenir anda digunakan untuk pernikahan di gedung tersebut.
  4. Setelah mendapatkan informasi, anda dapat menghubungi para calon pengantin untuk menawarkan souvenir pernikahan.
  5. Setelah ada pesanan barulah anda dapat memulai barang-barang untuk pembuatan souvenir dalam jumlah yang banyak.
  6. Untuk lebih menarik minat konsumen berilah potongan harga atau diskon.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!