Bisnis Kopi

Bisnis Kopi – Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi | Perkembangan industri kopi di tanah air dalam 10 tahun belakangan menunjukkan progres yang signifikan.

Perkembangan tersebut dapat dilihat dari semakin banyaknya kopi olahan yang dihasilkan oleh industri pengolahan kopi.

Hal ini sangat dimungkinkan, mengingat negara Indonesia merupakan penghasil kopi terbanyak ketiga di dunia.

Potensi Kopi luwak Indonesia

Industri kopi yang saat ini membanjiri usaha tanah air sangat bervariasi, mulai dari skala home industri, skala nasional maupun skala internasional.

Produk kopi olahan saat ini tidak hanya berupa kopi bubuk tetapi banyak diinovasikan ke dalam bentuk kopi olahan. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah kopi luwak.

Saking terkenalnya, kopi luwak ini mampu menjadi produk potensial bahkan andalan yang dipasarkan oleh pengusaha perempuan muda asal Jawa Timur beberapa tahun terkhir ini.

Dia adalah Theresia Deka Putri. Siapa dia? Dan bagaimanakan dia menjalankan bisnis di bidang kopi? Check this article!

 

Siapa Theresia Deka Putri?

Hidup sebagai seorang yatim piatu tidak melengserkan niatnya untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Dia adalah Theresia Deka Putri, wanita muda yang sukses dalam usaha kopi.

Theresia lahir di Gresik Jawa Timur kurang lebih 27 tahun lalu. Saat ini dia dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang kopi, khususnya kopi luwak.

Theresia Deka Putri merupakan sosok pengusaha yang penuh dengan semangat dalam mencapai cita-citanya. Mengingat usaha yang ia miliki saat ini ia bangun dari titik nol, dari mulai menjajakan produknya sendiri ke warung-warung kecil.

Tapi tanpa putus asa, ia terus melangkah dan bisa sesukses seperti sekarang ini.
sangat familiar dengan dunia bisnis sejak ia kecil.

Banyak bisnis yang dilakoninya, seperti menjual sepatu dan pakaian serta produk fasion lain.

Walaupun saat itu target pasar bisnis yang ia bidik hanya sebatas teman terdekat saja. Dan pada tahun 2000, Theresia mulai memasuki pasar kuliner seperti teh dan kopi.

Saat bekerja dibidang tersebut, ia mendapatkan kepercayaan perusahaan untuk menjadi pimpinan tim. Dan dia pernah berkeliling ke sekitar Jawa Timur untuk memasarkan produk perusahaan tempat ia bekerja.

Saat ini Theresia memiliki CV Karya Semesta, yaitu perusahaan yang memproduksi beberapa jenis kopi. Jenis kopi yang diproduksi adalah Kopi Luwak Lanang ,  Kopi Lanang Landep, dan Kopi Gajah Hitam. Usahanya inilah yang membuat Theresia disebut-sebut sebagai pengusaha wanita muda yang terkenal.

Sebutan tersebut wajar saja disematkan pada Theresia, karena tak butuh waktu selama lima tahun setelah beroperasi yaitu dengan proses produksi dan menjual produknya sendiri, ia sudah berhasil mendapatkan omset Rp. 1 miliar. Bayangkan? Hebat kan? Lalu bagaimana perjalanan karir Theresia Deka Putri di bidang kopi?

Sukses Theresia Deka Putri Dengan Bisnis Kopi

Sebagai pemula bisnis saat itu, Theresia Deka Putri terbilang tak main-main, karena ia merogoh kocek hingga Rp. 200 juta.

Namun modal itu membuahkan hasil yang menggeukms.or.id/rakan, jauh lebih besar dari modal awalnya. Benar, Semangat yang dimiliki Theresia Deka Putri luar biasa, ia menaruh kepercayaan pada kopi luwak yang akan memiliki peluang sukses kala itu.

Sebagai peukms.or.id/snis muda yang menjadi panutan banyak orang, ia memulai bisnisnya dari nol. Sebelum membangun bisnis sendiri, Theresia bekerja sebagai tenaga pemasaran teh dan kopi eceran. Dan pada tahun 2007 ia merealisasikan tekadnya untuk berbisnis di bidang kopi, khususnya kopi luwak.

Saat itu, ia menaruh harap pada target pasar yang ia kejar yaitu para calon pembeli yang memiliki kantong tebal dan doyan kopi premium.

Awalnya, Theresia Deka Putri mengkaji berbagai hal tentang kopi luwak; kemudian ia pelajari dan juga praktik langsung setelahnya.

Awal Bisnis Dengan 3 Merk Kopi Lokal

Theresia Deka Putri memulai usahanya melalui CV. Karya Semesta. Dan hingga saat ini perusahaanya telah memproduksi 3 merek kopi.

theresia dan timnya membuat usaha pengolahan kopi sederhana. Sangat sederhana, bahkan proses penggilingannya saat itu dipercayakan pada tempat-tempat yang menawarkan jasa penggilingan.

Pernah sekali waktu Theresia berfikir untuk memproduksi kopi sendiri, dan melepas supplyer-nya. Dia memiliki keinginan untuk punya kebun sendiri. Keinginan memiliki luwak sendiri juga ada. Dan kenyataanpun akhirnya mengantarkan Theresia Deka Putri untuk memiliki kebun sendiri.

Kebun tersebut selebar empat hektar. Namun karena kebutuhan semakin meningkat, Theresia tak jadi melepaskan supplyer-nya.

Theresia juga mengembangkan kemitraan dengan beberapa petani kopi di Bondowoso serta Malang. Selain karena kebutuhan permintaan kopi semakin meningkat, ia tetap menjual produk dari supliyer sebagai upaya untuk memberikan variasi produk pada konsumen.

Theresia pernah kuliah di jurusan Manajemen, tak heran jika manajemen pengelolaan bisnisnya begitu apik dan matang.

Tak butuh waktu lama, hanya selang beberapa tahun setelah memproduksi serta menjual produk kopi luwak sendiri, Theresia berhasil mendapatkan omset Rp. 1 miliar pertamanya , ia mampu memenuhi 90% omzet Rp 1,6 miliar yang tengah dipatoknya.

baca juga

Kopi Luwak Lanang juga Kopi Luwak Landep

Sebagai seorang pengusaha UMKM , Theresia dikategorikan sangat sukses di bidangnya. Salah satu kunci keberhasilan usahanya adalah segementasi ketiga produk miliknya. Kopi Gajah Hitam lebih disenangi oleh kalangan menengah bawah alias dari warung ke warung.

Sedangkan merek lainnya, Kopi Luwak Lanang juga Kopi Luwak Landep menjadi produk kopi andalan, segmentasinya didasarkan pada penikmat kopi menengah atas. Bahkan, Kopi Luwak Lanang selalu habis dipesan orang dari luar negeri.

Luwak Lanang sejatinya adalah produk premium yang berasal dari fermentasi biji kopi yang dihasilkan oleh luwak jantan. Karena luwak jantan dapat mengeluarkan enzim jauh lebih kuat dari betinanya, maka aroma yang keluar adalah aroma khas.

Demikian juga dengan Lanang Landep, kekhasan kopi ini adalah penggunaan biji-biji kopi tunggal atau biji kopi lanang yang dikenal juga dengan pearl berry.

Biji-biji kopi itu kemudian disortir secara selektif. Kopi Luwak Lanang tersebut dapat menghabiskan 1,6 ton biji kopi untuk diproduksi.

Semakin hari permintaanpun semakin bertambah, bahkan setiap bulan, ia bisa memproduksi berton-ton biji kopi untuk dikemas sendiri. Sedangkan untuk produk andalan Luwak Lanang bisa dihasilkan sebanyak 1,6 ton biji kopi per harinya.

Theresia melakoni berbagai strategi untuk menyukseskan bisnis kopinya, iapun sering mengikuti pameran-pameran.

Bahkan ia berinovasi dengan membuat minuman the, dan bahkan ia telah memiliki merek tersendiri untuk the herbal ini.

Selain itu, dia juga menciptakan kemasan yang semenarik mungkin untuk memikat pelanggan. Bahkan ia telah memiliki alat-alat untuk membuat kemasan sendiri.

Pasar Kopi Kopi Luwak Lanang juga Kopi Luwak Landep

Ia percaya bahwa relasi yang kuat dapat diandalkan untuk memastikan kekuatan mereknya.

Hingga kini, merek dagang kopinya bisa ditemukan di Jakarta, Bali, dan Makasar sebagai pasar lokal.

Sedangkan pasar luar negeri, merek dagang kopinya sudah masuk ke Taiwan, Korea Selatan, China, Jepang, Thailand, Malaysia hingga Polandia dan juga Inggris.

Sedemikian suksesnya hingga Theresia Deka Putri Pengusaha Sukses di Bidang Kopi mendapatkan penghargaan dari Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Bisnis KOPI Dengan Modal Kecil

Kopi adalah minuman yang paling banyak peminatnya.Tidak pandang tua muda ataupun pria wanita,Kopi selalu menjadi pilihan disaat senggang karna memiliki cita rasa yang lezat dan sangat nikmat diminum disaat apapun,baik kopi panas maupun dingin.

Bisnis kopi ini biasanya berjamur pada cafe-cafe ternama dan dalam artikel ini kita akan membuat kedai kopi yang berkualitas dan beraneka rasa tetapi harga pas serta tidak membutuhkan cafe,cukup lahan 3×3 atau sepetak.

Persiapan Buka Bisnis Coffe Shop , Modal , Peralatan Hingga Tips Promosi

  • MODAL

Kopi dengan berbagai rasa dan menggunakan media boot kopi serta meja dan kursi untuk bersantai menikmati kopi.

  • PEMASARAN

Lokasi pemasaran adalah taman rekreasi dan komplek perumahan serta pasar atau persimpangan jalan.

  • BAHAN DAN ALAT

BAHAN      : Kopi rasa buah(10 rasa)

Kopi Luwak

Kopi Good Day

Kopi Hitam

Gula

Es batu

Air

ALAT         : Blender

Despenser Air

Cup gelas styrofom+tutup

Boot kopi

Sendok Es

Termos Es

Pemecah Es batu

Cup plastic+tutup

Pipet

Nampan

Plastik Asoy

Kursi+Meja

CARA MEMBUAT        : Untuk kopi hangat cukup masukan bubuk kopi lalu

siram air panas.

Untuk es kopi,masukan bubuk kopi siram air panas 10ml lalu aduk hingga rata kemudian blender bersama segelas es batu dan gula satu sendok serta air 50ml.

  • PENGHITUNGAN
Nama BarangSatuanHarga (Rp)
Kopi rasa buah100 sct350.000
Kopi Luwak40 sct40.000
Kopi Good Day90 sct135.000
Kopi Hitam1 kg25.000
Gula3 kg36.000
Es batu10 buah10.000
Blender1 buah300.000
Despenser1 buah100.000
Cup Gelas Styrofom150 pcs225.000
Cup plastic150 pcs75.000
Pipet150 pcs30.000
Sendok Es1 buah5.000
Termos Es1 buah25.000
Pemecah Es batu1 buah5.000
Plastik Asoy100pcs15.000
Meja+Kursi2 set200.000
Boot kopi1 buah1.000.000
Nampan2 buah10.000
Total2.586.000

BIAYA PENYUSUTAN

Nama BarangHargaWaktuBiaya Penyusutan
Blender300.00060 bulan5.000
Despenser100.00060 bulan1.700
Sendok Es5.00036 bulan150
Termos Es25.00060 bulan450
Pemecah Es Batu5.00036 bulan150
Meja+Kursi200.00060 bulan3.500
Boot Kopi1.000.00060 bulan16.700
Nampan10.00036 bulan300
Total27.950

Dari data diatas didapat biaya penyusutan :

27.950 : 30 hari = 950 per hari

Biaya Lain-Lain

Nama BarangWaktuHarga(Rp)
Sewa Lahan30 hari1.000.000
Sewa Listrik30 Hari100.000
Total1.100.000

Dari data diatas didapat beban :

1.100.000 : 30 hari = 37.000 per hari

Dari data bahan diatas didapat :

100 kopi rasa buah X 10.000 = 1.000.000

90 kopi good day X 8.000 = 720.000

40 kopi luwak X 6.000 = 240.000

50 kopi hitam X 5.000 = 250.000

LABA

Modal Bahan         941.000

Biays Penyusutan          950

Biaya Beban            37.000

Pendapatan                               2.210.000

Laba                                         1.231.050

Dengan pendapat yang sepertiga dari modal anda sudah dapat mengembalikan semua modal dalam jangka satu minggu.Pilihlah lokasi yang strategis dan ramai masyarakat agar kopi anda semakin dikenal.

  • KESIMPULAN

Bisnis ini tak perlu menyewa ruko untuk disulap menjadi cafe yang megah dengan harga jual yang tinggi hanya untuk memanjakan lidah masyarakat dengan kopi yang bervariasi.Anda cukup membuka kedai tongkrongan yang cukup banyak digandrungi anak muda pecinta kopi dengan harga yang tidak terlalu mahal,kedai kopi anda akan jadi banyak incaran pria.

Diartikel ini saya mencoba membuat tongkrongan kopi yang bercita rasa cafe namun harga anak sekolah.Dapat dinikmati siapapun dan dengan kualitas rasa yang pasti nikmat serta dapat disajikan dingin ataupun panas,dapat diminum ditempat ataupun dibawa pulang.

 

 

Ubah Warung Kopi Anda Menjadi Style Coffe Shop

Warkop yaitu singkatan dari warung kopi umumnya sediakan mie rebus, gorengan, beragam jenis minuman baik yang panas ataupun yang dingin. Warkop saja yang simpel bisa membuahkan keuntungan yang cukup tidak kecil walau banyakan orang melihat mata sebelah tentang usaha itu.

Dari sebagian pernyataan yang memiliki warkop yang penulis wawancarai, mereka memperoleh keuntungan sampai beberapa puluh juta tiap-tiap bulannya. Dari data itu, usaha warkop bisa jadikan usaha yang begitu menjanjikan dengan lakukan sebagian inovasi didalamnya.

Ganti Menu Emperan Jadi Kelas Restoran

Apa pun menu makanannya bakal merasa istimewa apabila dihidangkan dengan sebagian penambahan bumbu yang sudah ada. Umpamanya saja mie rebus yang di jual diwarkop bakal jadi incaran customer apabila Anda meraciknya dengan koukms.or.id/nasi irisan keju di atasnya atau mungkin dengan koukms.or.id/nasi saus yang Anda racik sendiri.

Ini bakal jadi hal yang baru dalam usaha warung kopi, terkecuali memberi rasa penasaran customer ini dapat juga hindari rasa jemu pada menu mie rebus yang monoton. Terkecuali menu andalah dari warung kopi itu, ada banyak lagi menu pendamping yang lain yang bisa Anda ubah hingga warkop Anda jadi seperti restoran kelas atas.

 

Tempat yang Nyaman Adalah Senjata Utama

Saat seseorang customer menginginkan berkunjung ke tempat makan, terdapat banyak yang dia cermati sebelumnya beli makanan. Yang pertama dalam prioritas mereka yaitu enak tak enaknnya satu makanan. Customer bakal mencari makanan yang paling enak diantar penjual hidangkan. Setelah itu yaitu tempat yang disiapkan nyaman untuk tempat menyantap hidangannya.

Ubah Warung Kopi Anda Menjadi Style Coffe Shop  Aktivitas makan umumnya dikerjakan berbarengan dengan saat istirahat, begitu tempat yang nyaman adalah tempat yang pas untuk istirahat di tengah-tengah aktivitas kerja. Dengan memberi kenyamanan berbentuk tempat makan, bikin customer terasa dimanjakan serta begitu berpeluang customer jadi konsumen yang setia di warung kopi punya Anda.

Daya Tarik WiFi serta Musik Untuk Kelompok Anak Muda

Warkop yang Anda ubah seperti situasi di satu kafe bakal menarik minta pengunjung dari kelompok anak muda seperti beberapa pelajar serta mahasiswa.

Lantaran mereka bakal berkunjung ke warung kopi Anda sebagai tempat yang pas untuk kerjakan pekerjaan sekolah atau universitas, kerjakan skripsi, atau cuma berkumpul-kumpul dengan beberapa rekannya.

Tidak cuma itu saja, dengan terdapatnya service WiFi ini, bakal mengundang customer dari kelompok beberapa pekerja profesional seperti penulis, programmer, designer serta beberapa pekerja yang lain yang terkait dengan koneksi #internet.

Jadi, tampaklah warkop yang Anda bangun bukanlah seperti warung kopi umum tetapi seperti koukms.or.id/nasi pada restoran kelas atas serta satu kafe yang begitu berpeluang untuk banyak dikunjungi oleh beberapa customer.

Kadang-kadang usaha yang bagus tak saja cuma dari usaha yang belum ada lantas di ciptakan.

Namun seperti seseorang seniman, usaha yang bagus yaitu usaha yang dikerjakan dengan sebagian improvisasi di dalammnya seperti warkop yang saya terangkan ini. Anda juga bisa lakukan improvisasi ini dalam type usaha yang lain.

Pendapat ini saya aukms.or.id/llah berdasar pada negara Jepang yang populer dengan lakukan inovasi dalam dunia otomotif.

Walau tehnologi otomotif bukanlah datang dari negara Jepang, tetapi sekarang ini banyak tehnologi otomotif yang populer banyak datang dari buatan negara Jepang.

Berikanlah Service Paling baik Pada Customer

Apa pun type usaha yang Anda punyai sekarang ini, bakal bertahan lama bila di dukung oleh service paling baik yang didapatkan pada customer. Berapakah langkah diatas termasuk juga kedalam bentuk service, tetapi janganlah Anda lupakan juga kalau service berbentuk keramahan beberapa pegawai Anda begitu punya pengaruh dengan customer mendatang.

Menjadikan situasi di lingkungan warkop Anda seperti mempunyai ikatan saudara, hingga customer rasakan kedekatan dengan cara batin. Bila telah begini, customer bakal jadikan warung kopi Anda jadi referensi untuk mereka sebagai tempat makanan yang paling baik.

baca juga

    Hal yang lain yg tidak bisa terlewati dalam #bisnis kuliner yaitu kebersihan tempat. Kebersihan dari warung kopi Anda jadi citra untuk usaha Anda. Apabila kebersihannya begitu jelek, jadi jelek pulalah usaha Anda. Oleh karena itu, jaga kebersihan untuk melindungi citra baik untuk usaha Anda. Ubah Warung Kopi Anda Menjadi Style Coffe Shop 

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Scroll to Top