Franchise MIXUE

Franchise MIXUE   Indonesia punya banyak potensi bisnis yang menjanjikan untuk dicoba. Salah satu yang menguntungkan adalah bisnis franchise es krim. Mengapa es krim dapat dikatakan memiliki potensi yang menjanjikan?  

Pertama, es krim memiliki banyak penggemar yang tak mudah hilang ditelan waktu. Kedua, iklim tropis Indonesia dengan suhu udara yang cenderung panas membuat penghuninya menginginkan kudapan yang dingin seperti es krim. Ketiga, penikmat es krim berasal dari semua kalangan dan semua usia sehingga jangkauan pemasarannya lebih luas.  

Bisnis es krim seolah tak pernah mati di Indonesia, lihat saja brand es krim terkenal yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang! Nyaris tak ada istilah sepi peminat pada produknya.  

Jika Anda ingin membuka usaha es krim, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang paling penting adalah merk dagang bisnis franchise yang akan dipilih. Usahakan memilih merk yang sudah terkenal dan diterima di masyarakat.   Hal tersebut sangat penting jika ingin usaha es krim Anda mendapatkan pembeli dan pelanggan.

Jika merk dagang sudah dikenal, otomatis Anda tidak perlu berusaha memperkenalkan dari nol brand tersebut karena telah meraih kepercayaan dari masyarakat.   Brand bisnis franchise yang direkomendasikan karena merk dagangnya sudah terkenal adalah Mixue Ice Cream.  

Franchise MIXUE

Mixue Ice Cream merupakan sebuah bisnis franchise dari China yang didirikan pada tahun 2017. Usaha waralaba ini bergerak di bidang penjualan minuman dingin dan es krim. Di China, es krim merk ini sudah meraih banyak penjualan dan termasuk terkenal di negara asalnya.  

Tiga tahun setelah berdiri, Mixue Ice Cream mulai go International dengan melakukan ekspansi bisnis ke berbagai negara termasuk Indonesia. Mixue mendirikan gerai pertamanya di Bandung, yakni pada tahun 2020. Seiring berjalannya waktu, perkembangan bisnis franchise ini sangat cepat, dalam 2 tahun saja setelah masuk Indonesia, Mixue kini telah punya  300 outlet.  

Bisnis franchise Mixue bisa cepat berkembang karena sistem marketing yang bagus, ditambah brand yang sudah mendunia dan dikenal baik oleh masyarakat. Para investor dan mitra yang membuka cabang outlet Mixue sangat percaya dengan merk dagang es krim asal China ini.   Kisaran harga es krim yang dijual oleh Mixue di outletnya dibanderol dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 8.000 ribu sampai Rp30.000.

Hal ini membuat seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati olahan es krim dari perusahaan ini.   Mayoritas varian produk Mixue berupa es krim, namun ada juga pilihan minuman lainnya yang berbahan dasar teh dengan rasa buah.  

BIaya Franchise MIXUE

Untuk membuka cabang baru dengan hak lisensi brand bisnis franchise Mixue, Anda dikenakan biaya Rp. 700.000.000 – Rp. 800.000.000.   Besarnya harga franchise Mixue yang disebutkan di atas sudah termasuk dengan biaya kemitraan dan seluruh perlengkapan hingga grand opening outlet. Mengenai rincian biayanya dapat dilihat, sebagai berikut:  

Layanan survey dari manajemen: Rp 2 juta   Management fee (tahunan): Rp 24 juta   Uang deposit : Rp 40 juta   Training karyawan: Rp 3 juta   Operasional dan alat: Rp 170 juta   Bahan baku awal : Rp 100 juta  

Renovasi outlet: Rp 200 – Rp 350 juta   Sewa lokasi bisnis: Rp75 juta Rp150 juta   Perkiraan omzet bulanan: Rp300 juta   Harga Pokok Penjualan: 40% dari omzet   Estimasi keuntungan : 60% dari omzet   Balik modal: 1 tahun   Mixue Ice Cream memiliki standar untuk outlet yang akan dijadikan lokasi usaha oleh mitranya, yakni minimal luasnya 25 m², ketinggian ruangan minimal 2,7 m², luas depan outlet paling tidak 3,8 m².

Memiliki daya listrik 33.000 watt dan ketersediaan sumber air bersih yang melimpah (ada tandon) atau wilayah sekitar outlet tidak sering mengalami air mati.   Pihak manajemen Mixue akan melakukan survey lokasi dengan ketentuan dan persyaratan seperti yang sudah disebutkan di atas ditambah pengecekan kelistrikan neon sign dan mebel.  

Harga kemitraan mencakup bahan baku awal saja, untuk selanjutnya, mitra harus membeli sendiri ke supplier milik Mixue yang sudah disediakan manajemen.   Mitra dapat membeli bahan baku sesuai kebutuhan outlet. Soal harga beli dari pusat dapat berubah sewaktu – waktu sesuai tahun, inflasi dan sebagainya.  

Salah satu alasan mengapa Mixue menargetkan biaya kemitraan yang cukup mahal adalah karena bisnis franchise ini turut bertanggung jawab pada sewa lokasi tempat outlet akan dibuka.

Bahkan Mixue sudah menyiapkan kontraktor di Indonesia yang menangani renovasi outlet agar sesuai dengan standar operasional yang dibuat oleh Mixue Ice Cream.  

Manajemen Franchise MIXUE

Terlihat sekali bahwa bisnis franchise Mixue Indonesia ini memiliki manajemen yang sangat bagus hingga menangani hal – hal yang biasanya tidak menjadi tanggung jawab franchisor di usaha waralaba lainnya.  

Biasanya bisnis franchise lain menyerahkan urusan lokasi dan renovasi outlet pada mitranya serta tidak ikut turun tangan langsung dalam penataan serta penyewaan tempat. Namun Mixue Ice Cream mendedikasikan waktunya untuk mendampingi semua mitranya penuh tanggung jawab hingga mengurus soal lokasi.  

Kelebihan bisnis franchise mixue yang tidak dimiliki oleh brand usaha waralaba lainnya antara lain: manajemenna sudah matang dan terorganisir, adanya dukungan penuh dari pemilik brand dari segi operasional hingga renovasi lokasi dan brand Mixue merupakan brand luar yang sudah terkenal baik di China maupun Indonesia.  

Es Krim Mixue ini sempat viral sehingga nama brandnya sangat mudah tersebar dan diketahui oleh banyak orang.   Usaha waralaba yang berdiri di bawah naungan PT. Zisheng Pacific Trading ini memiliki banyak akses yang bisa dihubungi apabila Anda ingin menjadi mitra bisnis franchise Mixue Ice Cream.   Anda bisa mencari informasi soal kemitraan dengan bisnis franchise Mixue di nomor telepon 08972566797 atau bisa juga dengan mengirim Whatsapp ke admin di nomor 081993606666.  

Jika tidak suka chat, Anda dapat mengirimkan email ke kantor pusat di Indonesia via email dengan alamat surel mixueindo@gmail.com dan email kantor pusat Mixue di China dengan alamat pt.zishengpacific@gmail.com.   Anda bisa melihat produk dan varian menu Mixue di Instagram @mixueindonesia dan TikTok: @mixueindonesia.  

Apabila Anda berminat membuka usaha es krim berkelas Internasional ini, silahkan hubungi melalui email, kontak dan sosial media resmi milik Mixue Ice Cream Indonesia yang sudah dicantumkan di atas.   Apalagi jika Anda memiliki budget yang sesuai dengan harga kemitraan Mixue Ice Cream. Balik modal bisa diperoleh dalam waktu satu tahun.

baca juga

    Sistem pemasaran bisa disesuaikan sendiri dengan keinginan mitra. Anda boleh mempekerjakan SPG lapangan untuk menjual produk es krim ini untuk menggaet konsumen ataupun bisa dengan cara masa kini yang memakai teknologi.   Teknik pemasaran digital melalui instagram ads, google ads dan fb ads merupakan cara yang ampuh untuk menarik perhatian dan memperkenalkan usaha anda ke masyarakat dengan konsumen spesifik dan tertarget.

    Sertifikasi Halal Mixue di Indonesia

    Mixue, sebuah brand yang sangat terkenal di Indonesia dengan produk andalannya yaitu ice cream & tea. Mixue selalu memperhatikan kehalalan produk-produknya sehingga mengantongi sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

    Sertifikasi halal yang dimiliki oleh Mixue menunjukkan bahwa produk-produknya telah melalui proses pengawasan dan pemeriksaan ketat untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan dan proses pembuatannya sesuai dengan syariah Islam.

    Dalam mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI, Mixue harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh lembaga tersebut. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

    1. Bahan baku yang digunakan harus berasal dari sumber yang halal dan tidak mengandung bahan-bahan yang haram seperti babi, alkohol, dan lain sebagainya.

    2. Proses produksi harus dilakukan dengan cara yang bersih dan tidak terkontaminasi bahan-bahan yang haram.

    3. Seluruh proses produksi harus diawasi dan dipantau secara ketat oleh personel yang terlatih dan bersertifikasi halal.

    4. Seluruh produk yang telah selesai diproduksi harus diberi label halal dan dijaga kebersihannya agar tidak terkontaminasi bahan-bahan yang haram.

    Melalui sertifikasi halal yang dimilikinya, Mixue berkomitmen untuk menyediakan produk yang berkualitas dan halal bagi konsumennya. Hal ini menunjukkan bahwa Mixue tidak hanya berfokus pada keuntungan semata, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan dan kebutuhan konsumennya.

    Sebagai konsumen yang cerdas, penting bagi kita untuk memperhatikan sertifikasi halal saat memilih produk makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Dengan memilih produk yang memiliki sertifikasi halal, kita bisa memastikan bahwa produk tersebut aman dan sesuai dengan ajaran agama yang kita anut.

    Jadi, jika Anda ingin menikmati ice cream & tea yang enak dan halal, Mixue adalah pilihan yang tepat. Dengan sertifikasi halal yang dimilikinya, Mixue menjamin kehalalan produk-produknya dan memberikan kepercayaan bagi konsumennya untuk menikmati produk-produknya dengan tenang dan nyaman.

    Jakarta – The public was busy talking about Mixue ice cream outlets that mushroomed in Indonesia. Even netizens jokingly referred to Mixue as the “Angel of the Empty Shophouse Recorder”. This is because the number of Mixue outlets that have emerged along with Ice Cream and Tea products is increasingly becoming a favorite.
    This business is considered promising for some partners, so how do you open a Mixue outlet and how much is the Mixue franchise price? But before that, first look at the following Mixue history

    History of Mixue Ice Cream & Tea


    Mixue was founded by Zhang Hongchao in Zhengzhou district, Henan Province in 1997. It started as a small roadside shop, but within 25 years Mixue has expanded to almost every street in Asia, including Malaysia and Indonesia.

    In 1999, Zhang didn’t give up on his failure and opened a second ice shop which he named Mixue Bingchéng (Hanzi:) which means “ice palace built with sweet snow”.

    Zhang focused on ice cream products. Since 2006, the price of ice cream has been increasing and Zhang formulated an ice cream recipe that could be sold at a more affordable price. From there, Mixue continued to sell ice cream and started a franchise business while maintaining its low price.

    Mixue now has more than 10,000 ice cream shops in and outside of China, such as in Vietnam, Singapore, Malaysia, and not to forget Indonesia.

    Mixue Ice Cream & Tea Halal Certification
    In Indonesia, Mixue is a very famous brand with its flagship product, ice cream & tea. After going through a long process, Mixue finally received halal certification from the Food, Drug, and Cosmetic Assessment Institute of the Indonesian Ulema Council (LPPOM MUI) on February 16, 2023.

    Through its official Instagram, Mixue Indonesia posted the halal certificate with the number ID00410001326911122 for PT Zhisheng Pacific Trading (Mixue) which is valid until February 16, 2027. From the certificate, it can be ascertained that Mixue products have gone through a strict supervision and inspection process to ensure the ingredients used and the manufacturing process are in accordance with Islamic sharia.

    Capital to Open a Mixue Franchise
    For those of you who are interested in opening a Mixue Ice Cream & Tea franchise, you need to prepare capital of IDR 700 million to IDR 800 million. This capital includes the initial investment costs to open the store. The following is a breakdown of the capital cost of the Mixue franchise:

    • Deposit fee of IDR 40 million.
    • Management fee of IDR 18 – IDR 24 million per year.
    • Survey fee of Rp 2 million
    • Machinery and equipment cost of Rp 170 million,
    • First raw material cost of Rp 100 million.
    • Training fee of IDR 3 million
    • Estimated run-out cost of Rp 200 million to Rp 350 million (depending on the area and condition of the outlet).
    • The average shop rental cost is in the range of IDR 75 million to IDR 150 million.
    • With this fairly high turnover, it can be estimated that within 12 months to 18 months it can be turned over.

    Requirements to Open Mixue Ice Cream & Tea Outlet


    Based on the official IG , there are several requirements to open a Mixue outlet. Here are some of the initial requirements needed:

    • Provide adequate location and operational space
    • Net building area of at least 25 square meters
    • Minimum side width of 3.8 meters
    • Lowest ceiling height of 2.7 meters
    • Electricity power of 33,000 watts
    • Adequate water source
    • NPWP for cooperation contract
    • For more information, please visit mixueindonesia
    • How to Register Mixue Franchise
    • After knowing the capital and requirements, you can immediately register. Here are some ways you can register for the Mixue franchise:

    Consult in advance with the partnership by telephone or WhatsApp to number 0819-9360-6666
    Apply as a prospective partner
    Mixue will conduct an evaluation regarding outlets and so on
    Next, sign the contract that has been agreed between the partner and Mixue
    Then, Mixue management will help the store decoration process like other Mixue outlets
    Finally, the partner will receive theoretical and practical training related to the operation of the store.
    Well, those are some ways to open a Mixue Ice Cream & Tea outlet or franchise starting from the history, capital, to the requirements. Hopefully it will be useful.

    Leave a Reply