Ice Cream, Bisnis UKM yang Banyak Diminati Sekarang Ini

ukms.or.id/ – Ice Cream, Bisnis UKM yang Banyak Diminati Sekarang Ini. Negara kita yang termasuk dalam kawasan tropis memiliki hawa yang sangat panas. Sebagian orang mungkin mengeluh dengan panasnya cuaca ini. Namun, bagi seorang pengusaha halangan apapun adalah merupakan sebuah peluang bisnis. Apa yang dicari orang saat suasana panas? Tak lain adalah tempat yang nyaman dilengkapi minuman yang dingin. Ice Cream adalah salah satu dari sekian banyak jenis minuman yang disukai orang saat panas. Bisnis ice cream adalah bisnis yang menjanjikan banyak keuntungan di Indonesia yang beriklim panas ini. Tidak hanya konsumen anak anak atau remaja, Es krim banyak juga dinikmati oleh kaum dewasa sehingga dimanapun tempatnya, apalagi jika memiliki lokasi usaha yang strategis, maka peluang usaha ini sungguh sangat menjanjikan.
Start Untuk Usaha Ice Cream
Untuk memulai bisnis es krim, kini telah tersedia mesin pembuat es krim. Baik soft ice cream, maupun hard ice cream (sejenis es puter / putar).
Beberapa mesin yang dapat anda pilih untuk memulai bisnis ice cream ini diantaranya :

  1. Mesin Soft Ice Cream
  2. Mesin Ice Cream
  3. Egg Roll

Cukup dengan membawa mesin es krim di tempat keramaian, maka bisnis es krim Anda akan menuai hasil. Tempat-tempat keramaian yang bisa untuk berjualan es krim antara lain :

  1. Pusat Perbelanjaan / Mall
  2. Sarana Rekreasi
  3. Pusat Hiburan (pasar malam, dll)
  4. Sekolah atau Kampus
  5. Sarana Olahraga
  6. Pasar
  7. dll

Jenis Ice Cream yang Dapat Dijual : 

1. Soft es krim. Yaitu es krim yang berasal dari susu dan biasa di sebut Softmix yang di olah dalam Ice Cream Mechine, pada dasarnya mesin es krim ini membuat softmix tersebut mengembang menjadi es krim. Kita biasa mengenalnya dengan nama Ice Cream Cone yang biasa di jual di fastfood.
2. Hard es krim. Yaitu es krim yang biasa anda beli di toko toko seperti eskrim walls, diamond dan lain sebagainya. eskrim jenis inilah yang bisa kita buat sendiri dengan rasa yang tidak kalah lezatnya.
 
Strategi Pemasaran Ice Cream 

Untuk pengusaha es krim yang ingin meningkatkan hasil penjualannya, ada banyak cara promosi atau metode pemasaran yang bisa dilakukan dengan strategy bisnis yang bragam pula.
Strategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor faktor diantaranya adalah:

  • Faktor Mikro: yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  • Faktor Makro: adalah demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik, serta sosial/budaya.

Faktor pendukung dalam metode pemasaran dari sudut pandang pihak penjual adalah:

  • Pemilihan lokasi usaha atau tempat yang strategis
  • Hasil produk siap jual yang bermutu
  • Nilai jual atau harga yang kompetitif
  • Iklan dan promosi yang gencar

Dari sudut pandang konsumen dapat di analisa dari beberapa faktor diantaranya:

  • Kebutuhan dan keperluan atau minat konsumen
  • Kenyamanan
  • Komunikasi yang jelas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top