Apa yang dimaksud dengan business opportunity? Apakah hal tersebut adalah sebuah kesempatan bisnis?
Tentu saja bukan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang business opportunity, mari simak ulasan berikut.
Business opportunity merupakan istilah di bidang bisnis yang telah diperdengarkan di Indonesia sejak tahun 1995.
Pelaku bisnis mengatakan bahwa istilah business opportunity hanya diperkenalkan di Indonesia.
Sementara itu, business concept adalah istilah yang bisa disetarakan dengan business opportunity.
Beberapa contoh business concept yang diterapkan di luar negeri adalah vending machine, penagihan klinik, dan lainnya.
Apa yang menyebabkan istilah business opportunity dicetuskan?
Business opportunity menjadi sebuah istilah ketika orang-orang sulit mengidentifikasi perbedaan-perbedaan antar jenis bisnis.
Business opportunity diidentikkan dengan sebuah kesempatan dalam memulai bisnis dengan menanam nilai investasi berupa pembelian paket bisnis.
Bukankah hal tersebut juga merupakan definisi waralaba?
Ya, business opportunity hampir memiliki definisi yang sama seperti waralaba atau franchise, namun kedua hal ini tidak dapat disamakan.
Secara umum, perbedaan business opportunity dan waralaba terletak pada pendidikan bisnis di mana business opportunity tidak memberikan pendidikan dan pehttps://ukms.or.id/naan dalam paket bisnisnya.
Business Opportunity dan Waralaba
Business opportunity merupakan awal dari waralaba.
Business opportunity yang sukses akan berakhir menjadi waralaba dan mendaapatkan investor yang lebih tinggi lagi dalam nilai investasinya.
Tepatnya, business opportunity berada satu level di bawah bisnis waralaba atau franchise.
Business opportunity yang telah dikategorikan sebagai bisnis yang sukses, tahan lama, dan menguntungkan sebenarnya juga tidak menjamin bisnis tersebut dapat diteruskan ke jenjang waralaba.
Ini semua akan membutuhkan proses dan memakan waktu yang lama.
Waktu berproses tersebut merupakan catatan jejak yang berguna untuk menarik investor lebih banyak lagi.
Tentu saja investor akan berani mempertaruhkan modalnya jika business opportunity yang disasarnya merupakan bisnis yang tepat dan memiliki prospek terbaik.
Karakteristik Business Opportunity yang Baik
Waralaba merupakan jenis perusahaan yang mengahttps://ukms.or.id/l manfaat dari uang masyarakat atau initial public offering.
Ini karena waralaba memiliki banyak kriteria yang harus dipenuhi sebagai bisnis yang tergolong layak dipublikasikan.
Begitu pula halnya dengan business opportunity. Terdapat beberapa kriteria business opportunity yang baik, di antaranya adalah sebagai berikut.
- Sudah Lama Berkecimpung di Dunia Bisnis.
Bisnis yang dirintis sudah berjalan dalam waktu yang relatif lama, paling tidak berumur sekitar lima tahun.
Ini membuktikan bahwa bisnis telah teruji dengan bermacam rintangan.
- Tanggung Jawab
Business opportunity yang baik adalah bisnis yang memiliki komitmen di mana pemiliknya bertanggung jawab seutuhnya akan bisnis yang sedang dijalani.
- Konstan
Perlu diingat bahwa produk yang dihasilkan oleh business opportunity adalah produk “tetap” atau bukan produk yang mengikuti arus kekinian.
Ini juga membuktikan bahwa bisnis tersebut berpeluang untuk sukses dengan menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
- Study Kelayakan
Study kelayakan sebuah bisnis dapat dilihat dari consumer base-nya.
Dari sini dapat dilihat apakah bisnis sudah melakukan inovasi secara terus menerus ataukah hanya sebatas jalan di tempat.
baca jga
Walaupun business opportunity belum terikat dengan aturan pemerintah karena dikategorikan belum matang, bukan berarti business opportunity tidak memiliki aturan berbisnis.
Dalam hal ini, investor diharapkan untuk teliti dalam memilih business oppurtunity sebagai ladang untuk menanam modal.
baca juga
Editor’s Choices
1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil
Daftar 600 Bisnis Franchise
800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil
Panduan Bisnis Franchise
500 Master Franchise
Dilarang untuk tergiur dengan janji-janji manis para pebisnis BO dengan mempedomani karakteristik business opportunity yang baik.