Culver Franchising System, Inc., merupakan perusahaan yang menjalankan bisnis brand Culver’s.
Culvers merupakan restoran cepat saji pribadi yang dimiliki dan dioperasikan secara pribadi yang beroperasi di Amerika Serikat bagian Barat Laut.
Culver’s membuka restoran pertamanya pada 1984 di Sauk City, Wisconsin.
Saat ini, lokasi operasional utamanya berada di Prairie du Sac, Wisconsin.
Pada 26 Agustus 2018 silam, franchise Culver’s sudah memiliki 669 restoran di seluruh Amerika Serikat.
Latar Belakang Culver’s
Pemilik restoran dan pasangan di Sauk City, George dan Ruth Culver memulai karier membangun bisnis kuliner cepat saji mereka sebagai pemilik A&W di Phillips Boulevard.
Tepatnya di AS Highway 12 pada tahun 1961.
Pada tahun 1968, mereka membeli sebuah restoran bergaya resor di Danau Setan bernama The Farm Kitchen.
Putra mereka, Craig Culver, bekerja di McDonald’s pada tahun 1973.
Setelah menjual restoran mereka dan berhenti dari pekerjaan mereka, George, Ruth, Craig dan istrinya Lea membuka Culver’s Frozen Custard dan ButterBurgers pada 18 Juli 1984.
Craig, putra mereka berperan sebagai pemimpin perusahaan sejak awal hingga 2015.
Pada Oktober 2017, korporasi Culver menjual saham minoritas kepada Roark Capital Group.
Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di Atlanta.
Keluarga Culver mempertahankan kepemilikan mayoritas.
Ciri Khas Culvers
Culver’s memiliki kantor operasi utama di Onalaska, Wisconsin, menampilkan atap logam biru tradisional sebagai ciri khas bangunanya.
Pada tahun 1987, Culvers didekati oleh pihak pewaralaba sebuah restoran di Richland Center.
Culvers setuju memberikan perjanjian lisensi longgar kepada franchisee, tanpa membebankan biaya atau royalti.
Sebagai hasil dari pengalaman ini, Culvers menetapkan seperangkat prosedur waralaba standar yang membentuk dasar bisnis waralabanya saat ini.
Tiga tahun kemudian, mereka membuka cabang di Baraboo dan bisnis dengan cepat berlipat ganda.
Segera setelah itu, pengakuan terhadap sistem franchisee Culvers meningkat pesat.
Keberhasilan ini lalu mendorong ekspansi ke wilayah Madison dan Milwaukee.
Perkembangan Bisnis Culvers
Pada tahun 1993, Culver masih merupakan waralaba lokal kecil, dengan hanya 14 restoran di Wisconsin selatan.
Restoran Culver yang pertama di luar Wisconsin dibuka di Buffalo, Minnesota.
Pada September 1995, Roscoe, Illinois, pada Desember 1995, dan Dubuque, Iowa, pada November 1996.
Saat ini, Culver masih mengoperasikan sebagian besar restorannya di Midwest, terutama di negara bagian dari Wisconsin, Illinois, Indiana, Iowa, Michigan, Minnesota, dan Missouri.
Pada Februari 1997, perusahaan membuka Culver pertama di luar Midwest di Texas.
Strategi Waralaba
Saat ini strategi waralaba utamanya adalah dengan ekspansi.
Perluasan dengan cara ini sudah mencapai Colorado Springs, Colorado, dan Cheyenne, Wyoming, pada tahun 2005.
Didikuti pula pembukaan di Bowling Green, Kentucky, pada bulan Juli 2006.
Pada 2011, Culver berkembang ke Utah.
Pengembangan itu dilakukan oleh pasangan Kristin dan Tom Davis dari Wisconsin.
Ketika pasangan itu pindah ke Utah mereka menandatangani perjanjian pengembangan untuk empat lokasi di bagian selatan Salt Lake County.
Sistem Franchise Culvers
Culver Franchising System, LLC sebagai pemilik waralaba memberikan hak waralaba untuk mengoperasikan restoran Culver dalam wilayah geografis tertentu.
Restoran Culver menawarkan burger, sandwich, salad, makan malam, makanan penutup custard beku, minuman, dan item menu lainnya dalam pengaturan layanan cepat.
Sebelum membuka Restaurant, tim manajemen di Restaurant, yang selain dari pemegang waralaba biasanya akan terdiri dari enam orang staff.
Semua hharus menghadiri dan menyelesaikan Manajer Pelatihan Culver.
Franchisor mensyaratkan bahwa semua manajer disertifikasi dalam program sanitasi negara waralaba, ServSafe setara, atau syarat yang berlaku di negara terkait pembukaan Culver.
Selain itu, Operator harus menyelesaikan Program Pelatihan Manajemen penuh waktu.
Pelatihan berjalan semala 16 minggu.
Penerima waralaba harus menghadiri atau berpartisipasi dalam kursus atau program pelatihan rekoneksi berkala apa pun yang ditunjuk oleh franchisor.
Selain kursus dan program pelatihan yang disediakan oleh franchisor, franchisee harus berpartisipasi dalam program pelatihan elektronik yang dapat diakses melalui Internet.
Wilayah Kemitraan
Berdasarkan Perjanjian Waralaba, pemegang waralaba hanya dapat mengoperasikan Restoran mereka di lokasi tertentu.
Restoran harus didirikan di antara pemukiman padat penduduk, kurang lebih ada 40.000 orang yang tinggal dalam radius dua mil dari lokasi Restoran.
Franchisor tidak akan beroperasi atau memberikan waralaba kepada orang lain untuk mengoperasikan Culver’s Restaurant layanan penuh di Wilayah yang ditunjuk.
baca juga
Editor’s Choices
1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil
Daftar 600 Bisnis Franchise
800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil
Panduan Bisnis Franchise
500 Master Franchise
Jangka Waktu Perjanjian
Panjang jangka waktu waralaba awal adalah 15 tahun.
Jika pemegang waralaba memiliki reputasi yang baik, mereka dapat memperbarui Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu tambahan 10 tahun.
Demikian pemaparan tentang Culvers, bisnis restoran makanan cepat saji yang menjanjikan untung besar.