Konsultan Pajak Untuk Bisnis

Provisio Consulting Group – Konsultan Pajak Untuk Bisnis , Setiap orang atau perusahaan yang termasuk dalam kriteria wajib pajak perlu menunaikan kewajibannya sebagai warga negara atau bisnis yang taat hukum. Menghitung berapa pajak yang harus dibayar bukanlah hal yang mudah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Anda bisa mengandalkan jasa dari konsultan pajak.

Bagi kebanyakan orang yang belum mengerti soal pajak, perpajakan adalah masalah yang rumit. Diperlukan perhitungan yang tepat untuk setiap wajib pajak, sebab pajak ada beragam jenisnya. Maka, menggunakan jasa konsultan pajak adalah keputusan yang tepat.

Konsultan pajak bukan hanya mengurus masalah perhitungan pajak saja. Lebih jauh dari itu, jika Anda mengalami masalah pajak seperti kelebihan bayar, restitusi, hingga sengketa pajak, konsultan pajak ada di garis depan untuk menyelesaikan masalah Anda.

Mengapa Menggunakan Jasa Konsultan Pajak Itu Penting?

Saat ini, banyak orang pribadi atau industri wajib pajak yang memanfaatkan jasa konsultan pajak. Lantas, apakah menggunakan jasa konsultan pajak adalah keputusan yang tepat atau lebih baik mengurus pajak sendiri? Berikut alasan mengapa konsultan pajak penting bagi bisnis:

1. Efisiensi Waktu

Mengurus pajak sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Anda perlu mempelajari jenis pajak yang harus dibayar, bagaimana cara menghitung pajak, hingga menyiapkan sendiri dokumen yang dibutuhkan.

Jika menyerahkan urusan ini kepada konsultan pajak, masalah perpajakan bisa diatasi dengan cepat dan profesional. Dengan demikian, waktu yang sebelumnya akan digunakan untuk mengurus pajak bisa lebih dimaksimalkan untuk mengurus aspek lain dalam bisnis.

2. Dipandu Soal Pengelolaan Pajak

Mempekerjakan seorang konsultan pajak bukan berarti menyerahkan seluruh masalah kepada konsultan tersebut. Anda juga akan dibimbing soal bagaimana sistem perpajakan bekerja. Konsultan pajak akan menyederhanakan hukum pajak sehingga lebih mudah dimengerti oleh kliennya.

3. Menghindari Risiko

Urusan pajak yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum bisa menyebabkan masalah. Hal ini tidak jarang terjadi kepada perusahaan yang belum mumpuni dalam mengurus pajak, namun tidak menyerahkan persoalan pajaknya kepada profesional.

Adanya konsultan pajak bisa mencegah risiko berupa sanksi yang akan didapatkan wajib pajak jika tidak bisa menyelesaikan urusan pajak sesuai aturan.

Kriteria yang Paling Perlu Diperhatikan sebelum Menentukan Konsultan Pajak

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya kehadiran konsultan pajak dalam bisnis, Anda perlu memperhatikan kriteria dalam memilih atau menentukan konsultan pajak yang akan dipekerjakan. Beberapa hal di bawah ini perlu ada dalam seorang konsultan pajak yang Anda pilih:

1. Kompetensi

Perusahaan atau individu wajib pajak yang menggunakan jasa seorang konsultan tentu menginginkan masalah perpajakannya diselesaikan dengan baik dan profesional. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa konsultan pajak yang dipekerjakan memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.

Sebelumnya, Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu jasa apa yang dibutuhkan. Apakah Anda menggunakan jasa konsultan untuk membayar pajak, mendampingi saat pemeriksaan pajak, menyelesaikan sengketa pajak, dan lain-lain. Cari konsultan pajak yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan. 

Konsultan pajak yang kompeten bisa diketahui dari kepemilikans sertifikat. Ada tiga tingkat sertifikat konsultan pajak mulai dari tingkat A, B, dan C. Masing-masing tingkat akan menangani klien yang berbeda.

2. Izin Praktik

Jangan sampai Anda memilih konsultan pajak yang tidak memiliki izin praktik. Kepemilikan izin praktik membuktikan konsultan tersebut memiliki legalitas untuk menangani masalah perpajakan. Izin praktik memiliki masa berlaku 2 tahun dan dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pajak. 

3. Bisa Jadi Rekan Kerja yang Baik

Mengurus pajak tidaklah sebentar, apalagi bagi perusahaan atau industri bisnis yang besar. Maka, carilah konsultan profesional dan bisa dijadikan sebagai partner atau rekan kerja. Konsultan pajak yang bisa jadi rekan kerja akan lebih mudah diajak berdiskusi dan transparan.

Jika Anda dan konsultan pajak bisa menjadi partner yang baik, akan tercipta rasa kepercayaan dan kenyamanan dalam bekerja, khususnya saat sedang mendiskusikan urusan pajak. Sikap ini akan berdampak baik secara signifikan bagi perusahaan.

4. Jam Terbang

Seperti jenis pekerjaan pada umumnya, semakin lama jam terbang maka kemampuan dalam bidang tersebut menjadi lebih mumpuni. Hal ini juga berlaku bagi konsultan pajak. Semakin berpengalaman menangani berbagai kasus mulai dari yang kecil hingga besar, konsultan pajak bisa dianggap sebagai ahli yang profesional. 

5. Rekam Jejak

Selain pengalaman, track record  atau rekam jejak konsultan pajak juga menjadi hal penting yang wajib diperhatikan. Untuk mengetahui apakah konsultan tersebut memiliki rekam jejak yang baik selama menjalankan profesinya, Anda dapat mencari tahu melalui klien-klien lain yang menggunakan jasa konsultan pajak tersebut.

Testimoni dari perusahaan lain pengguna jasa konsultan pajak bisa menjadi wawasan penting bagi perusahaan atau individu yang akan mempekerjakan konsultan pajak yang sama. Jika rekam jejaknya buruk, Anda harus memperhitungkan kembali apakah akan mempekerjakan konsultan yang sama atau beralih ke konsultan lain.

6. Anggaran yang Sesuai

Kriteria lain yang perlu diperhatikan saat memilih konsultan pajak adalah soal anggaran. Setiap konsultan pajak memiliki tarif atau anggaran berbeda, yang disesuaikan dengan produktivitas dan jenis jasa yang dibutuhkan. Ada yang menentukan tarif per jam, ada pula yang sifatnya long term.

Untuk menentukan mana yang terbaik bagi Anda, ketahui masalah apa yang perlu diselesaikan oleh konsultan pajak, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai kebutuhan dan budget yang disediakan. 

Memilih konsultan pajak yang tepat bisa menjadi hal yang mudah jika Anda mengetahui kriteria apa saja yang harus dipenuhi.

Provosio Consulting Group membawahi Provosio Cosulting sebagai Tax Consultant Jakarta dan Pro Visioner Konsultindo sebagai Konsultan Pajak Jakarta

Memberikan Layanan Perpajakan Lengkap untuk perusahaan anda, persiapan kelengkapan dokumen keuangan franchise

Provosio Consulting

Alamat: Office 8, SCBD Lot Jl. Jend. sudirman kav 52-53 No.28, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Telepon: (021) 29602114
Provinsi: Jakarta

Pro Visioner Konsultindo

Alamat: Metropolitan Tower, Jl. R.A. Kartini No.Kav. 14, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Telepon: (021) 29602109
Provinsi: Jakarta


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!