ukms.or.id –Lihatlah bagaimana google menampilkan iklan di laman pencarian, dari yang memiliki efek warna biru hingga versi terbaru yang ada sekarang. Pada bulan Februari, google mengeluarkan label iklan berlatar hijau dengan versi lainnya yaitu warna hijau terang berlatar putih. Dari hasil laporan yang didapat, diperoleh informasi bahwa google menampilkan label iklan pada laman pencarian, dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 25 Juli 2016.
Tindakan Google dalam meluncurkan warna hijau pada label iklan di laman pencarian menandakan untuk pertama kalinya warna iklan memiliki warna yang sama dengan kedua unsur iklan dan gambar URL. Warna hijau terang dan ukuran yang digunakan pada versi sebelumnya sama dengan warna yang terdapat pada URL.
Pada tahun 2007, terdapat sebuah pergeseran dari warna biru menjadi kuning. Di tahun 2008, Google sempat menggunakan warna hijau tapi hanya sebentar kemudian kembali beralih ke warna kuning.
Google menguji berbagai variasi warna termasuk biru terang dan warna merah muda-keunguan pada tahun 2010 dengan tujuan untuk menggantikan warna kuning, tetapi hanya bertahan hingga tahun 2011.
Di tahun 2013, Google menggunakan warna kuning pucat dan di akhir tahun tersebut, google mencoba menggunakan warna kuning pada label iklan selanjutnya dan menghilangkan efek bayangan pada bagian latar belakangnya.
Warna kuning yang digunakan pada label iklan diluncurkan pada tahun 2014 dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya ketika pertama kali diuji cobakan. Ukuran label yang digunakan tidak mengalami perubahan dari hijau pekat hingga tahun 2016 sampai versi terbaru hari ini diluncurkan.
Google memberikan label terhadap teks iklannya hampir di semua mobile dan desktop, termasuk web mobile, google iOS, dan aplikasi pencarian android. Salah satu perbedaannya adalah Google menunjukkan ikon “i” (sebagai informasi tambahan) yang menjelaskan alasan iklan sebaiknya tetap ditunjukkan disetiap iklan selanjutnya pada web mobile maupun di aplikasi pencarian lainnya. Hal ini tidak menunjukkan keseluruhan teks iklan pada desktop.
Pengelolaan Terhadap Label Iklan Google
Cobalah untuk melihat bagaimana pelabelan membantu dalam membedakan konten secara teratur. Pada desktop, biasanya ada sejumlah kolom teratas dibawah 4 iklan, tetapi tetap saja terkadang menunjukkan peta atau hasil gambar lainnya. Sebagai hasil pencarian pada iklan di mobile, 3 dari 4 teks iklan, atau satu teks dan daftar produk iklan secara teratur muncul di bagian atas. Hal ini menunjukkan bagaimana pada hasil pencarian pada tahun lalu tetap terlihat di desktop, web mobile, dan aplikasi google dengan latar belakang warna hijau.
Pada beberapa contoh hasil pencarian, terlihat bahwa teks dari sebuah iklan secara meluas telah diluncurkan. Pada mobile dan hasil aplikasi lainnya, iklan tersebut berada pada posisi teratas, ditampilkan dengan situs-situs lainnya, dan dilakukan perluasan lokasi.
Selain itu, pada beberapa contoh yang mencantumkan iklan dari suatu produk, fitur yang paling menonjol di hasil pencarian lewat mobile adalah keterangan jarak pada iklan pertama yang merupakan tempat menyediakan iklan lokal.
Sebenarnya, tidak terlalu banyak hal yang berubah, meskipun format vertikalnya semakin panjang yang dimulai dari mobile hingga ke desktop. Desktop tersebut menunjukkan 6 PLA, tetapi google terkadang menunjukkan 9 blok/ruang.
baca juga
30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia
Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta
Panduan Memulai Website Bisnis Anda
Jasa Pembuatan Website Profesional
Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta
26 Panduan Email Marketing Lengkap
Pada musim gugur tahun 2015, seorang penulis artikel melakukan survei bagaimana Google, Bing, dan Yahoo mengatasi setiap iklan dari konten dengan sangat teratur pada laman hasil pencarian. Hal ini merupakan tindak lanjut dari tampilan sebelumnya di tahun 2013.
Efek bayangan pada latar belakang untuk sebuah label iklan yang hampir sama dengan warna URL yang muncul setelahnya dihilangkan dan label pada iklan Google semakin dibuat lebih bagus lagi.
Pada 2013 terlihat bahwa pada laman pencarian, iklan perlahan-lahan muncul setelah dilaksanakannya Komisi perdagangan federal (FTC) yang membahas mengenai “penurunan aturan” pada mesin pencari dalam membedakan iklan dari daftar yang sudah ada secara teratur. Oleh sebab itu, jika dimunculkan, disarankan untuk desain iklan mengikuti beberapa poin dibawah ini:
- Efek bayangan warna lebih diperbanyak muncul pada monitor dan perangkat lainnya, atau
- Adanya batasan yang menonjol, atau
- Keduanya
Mulai saat ini diharapkan untuk 4 tahun kemudian semuanya dapat ditampilkan secara terbuka bahkan kalau perlu lebih terbuka dari sebelumnya. Pada bulan Mei 2016, Sundeep Jain, seseorang yang mengawasi teks iklan pada Google mengungkapkan di depan penonton pada acara pengembangan SMX bahwa label iklan berwana hijau dipilih untuk menyederhanakan warna pada mobile.
Jain mengatakan bahwa” mereka ingin membuat pengguna lebih mudah dalam mencerna setiap informasi yang terdapat pada laman pencarian. Oleh sebab itu, mereka ingin mencoba secara bertahap mengurangi jumlah variasi warna dan pola yang terdapat pada halaman dan perlahan-lahan mengaplikasikannya di halaman. Itulah sebabnya, mereka melakukan pengurangan efek warna pada halaman”.
Google juga menekankan bahwa pengujian yang dilakukan dibuat agar konsumen atau pengguna tidak akan bingung terhadap iklan yang ada. Itulah juga yang sedang dicoba untuk dilakukan terhadap versi terbaru ini. Nah, itulah sejarah singkat mengenai label iklan google pada laman hasil pencarian.
+ There are no comments
Add yours