Hotel dan Resort Shangri-la sangat terkenal dan mendunia.
Didirikan sejak tahun 1971 dan merupakan satu-satunya hotel termewah.
Yang pertama kali berdiri di Singapura.
Pendirinya adalah seorang taipan berdarah campuran Malaysia dan Cina.
Ia adalah Robert Kuok.
Namanya terinspirasi dari seorang penulis Inggris yakni James Hilton.
Penulis novel berjudul Lost Horizon.
Sedangkan makna Shangri-la ialah pemuda etnis, ketenangan, dan kedamaian.
Pembangunan Hotel dan Resort Shangri-la Pertama
Saat pertama kali hotel dan resort ini masuk target hotel Cina.
Yakni menjadi investor asing kemudian membangun kantor di Hong Kong.
Pada tahun 1982 sampai 2002 Shangri-la melakukan ekspansi secara agresif.
Lebih difokuskan untuk kawasan Asia Pasifik.
Khusus di pasar Cina terutama Hong Kong.
Selama ekspansi ini di daerah Asia Tenggara pertumbuhan permintaan pesat.
Semakin tahun pertumbuhannya makin meningkat.
Bahkan tak segan-segan melancong bisnis.
Serta memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan internasional diluar Asia.
Perusahaan perhotelan ini menuntun strategi bisnis detail dan terpadu.
Tujuannya untuk penghematan dana agar menuntun ekspansi ke masa depan.
Perusahaan telah membangun jaringan hotel mewah di daratan Cina.
Perluasan Brand Secara Global
Pada tahun 2002 perusahaan semakin mengekspansi bisnis secara global.
Berbekal fondasi kuat didukung dengan reputasi besar ditingkat Asia.
Jaringan hotel dan resort mewah yang dikembangkan berkelas dunia.
Telah tersebar dihampir seluruh kawasan Asia Pasifik.
Menyentuh dataran Amerika Utara dan Timur Tengah.
Selanjutnya tahun 2010 perusahaan berhasil mendirikan 69 hotel dan resort.
Didalamnya terdapat 29 hotel dan resort dalam pengembangan baru.
Dimana telah tersebar diberbagai negara.
Banyak orang mengatakan layanannya terkenal legendaris.
Oleh sebab itu Shangri-la mendapat berbagai penghargaan internasional.
Mulau dari industri publikasi periklanan sampai industri perhotelan.
Alhasil Shangri-la menjadi pemain terkemuka dan nomor satu.
Dalam kelas pemain terkemuka pada industri perhotelan mewah.
Strategi Pemasaran
Shangri-la terfokus pada 4 segmen bisnis yang diutamakan :
Pertama, kepemilikan dan sistem operasional hotel serta resort.
Kedua, pengembangan properti hotel dan resort.
Dalam hal ini mencakup bangunan komersial dan pelayanan tamu.
Ketiga, layanan manajemen hotel khusus grup pemilik dan pihak ketiga.
Keempat, menyediakan layanan kecantikan khusus wanita.
Berupa layanan spa yang menyediakan suite pribadi.
Layanan satu ini sangat membantu dan mempuaskan wisatawan.
Untuk merasakan santai dan menyeimbangkan tubuh serta pikiran.
Hotel Bintang Empat dan Lima yang Berbeda
Layanan hotel dan resort Shanri-la berbeda dengan yang lainnya.
Terdapat dua jenis hotel yakni bintang empat dan bintang lima.
Dilihat dari logo perusahaan yaitu “S”.
Sangat kental merepresentasikan arsitektur Asia unik.
Diaukms.or.id/l dari desain lokasi hotel serupa kawasan pegunung megah.
Ditambah dengan sentuhan filosofis danau disekelilingnya.
Faktanya hotel dan resort kelas bintang lima Shangri-La ini sangat berbeda.
Paling banyak berada di dekat laut atau danau.
Suasana ini sangat mendukung kenyamanan dan ketenangan pelanggan.
Produk dan layanan yang dipasarkan oleh Shangri-la Hotels and Resorts
Melayani segmen berbeda dengan tawaran merek pendukung terkait.
Seperti Hotel Kerry, Hotel Jen, Shangri-la Resorts dan Hotels.
Perusahaan menempatkan diri membangun merek.
Serta yang menawarkan sebuah layanan lebih baik.
Ditambah dengan keramahan yang berstandar Asia untuk tamu.
Shangri-la juga menyajikan berbagai klub terhubung dengan hotel.
Seperti Country Club, Xili Golf, dan Aberdeen Marina.
Kinerja hiburan ini ditafsirkan sangat luar biasa.
Kebanyakan club yang terhubung memiliki peringkat hotel berbintang lima.
Semua hotel dan resort termasuk pada rantai perusahaan.
Perusahaan lebih memfokuskan pada ciri khas.
Serta kelebihan yang disajikan perusahaan bagi para pengunjungnya.
Jaringan hotel dan resort Shangri-la memberikan pengalaman menginap berbeda.
Dengan kenyamanan pada hotel dan resort.
Kamar yang diberikan memberikan pemandangan khas.
Bentuk kamarnya lebih luas dan dekorasi penuh gaya Asia.
Pemandangan yang ditawarkan sangat apik dan indah.
Dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas canggih.
Diantaranya sambungan Wi-Fi, televisi, jaringan telepon.
Tersedia juga balkon kamar dan walk-in-wardrobe.
Keunggulan Kamar dan Fasilitas Nomor Satu
Tersedia beberapa pilihan kamar.
Mulai dari Suite Eksekutif, Premier, Eksekutif, dan Deluxe Room.
Kenyamanan lain yang diberikan hotel berupa fasilitas parkir.
Kamar yang bebas dari asap rokok.
Adanya salon kecantikan dan salon rambut, serta klinik kesehatan.
Hal tersebut menjadikan Shangri-la sebagai pusat bisnis.
Ketika diselenggarakan konferensi besar dan rapat.
Ada layanan seperti penyediaan ruang pertemuan.
Layanan kurir ruangan hingga layanan kesekretariatan.
Disamping itu, tersedia juga layanan khusus.
Misalnya layanan valet dan layanan binatu.
Hotel dan resort sudah pasti melayani kamar selama 24 jam.
Kelebihan hotel ini juga ada opsi check-in ekspress.
Sampai layanan mendetail yakni semir sepatu yang gratis.
Tidak ketinggalan menyediakan berbagai fasilitas bagi orang cacat.
Untuk para ibu jangan khawatir karena ada tempat penitipan anak.
Bagi para turis asing tersedia layanan perjalanan.
Diantaranya meja layanan wisatawan, pilihan penyewaan mobil.
Transfer dari bandara ke hotel.
Anda juga akan disuguhi toko cinderamata yang dekat dengan hotel.
Rekomendasi pusat perbelanjaan dan tempat menukarkan kurs mata uang.
Menu masakan hotel dan resort Shangri-la juga beragam.
Akan disajikan berbagai masakan dunia.
Serta dapat disesuaikan berdasarkan keinginan anda.
Tidak lupa juga hotel menyediakan bar.
Strategi Promosi Shangri-la Hotels and Resorts
Perusahaan mengadopsi strategi pemasaran utama.
Demi meningkatkankan visibilitas Shangri-la di pasar global.
Salah satunya meluncurkan kampanye baru.
Terkenal dengan kampanye In Our Nature.
Esensi inti yang ditekankan adalah keramahan pelayanan berasal dari hati.
Terutama pada sektor perhotelan dan resort.
Kampanye iklan Shangri-la telah mendapat pujian dan penghargaan.
Khususnya dari periklanan, konsumen, dan sektor perhotelan.
Iklan Shangri-la diluncurkan pada berbagai media.
Mulai dari televisi, surat kabar, penerbangan, majalah, dan baliho.
Shangri-la menawarkan suasana elegan tanpa melupakan sisi alam.
Shangri-la menegaskan agar karyawan melakukan tradisi lokal.
Melestarikan keanekaragaman alami serta mengelola energi.
Perusahaan juga mendukung kegiatan yang ramah lingkungan.
Hampir seluruh hotel dan resort Shangri-la memiliki sertifikasi ISO 14001.
Karena telah menerapkan sistem manajemen lingkungan.
Di tahun 2009 hotel dan resor terhubung dengan kemitraan perusahaan lain.
Ada beberapa pengakuan dan penghargaan yang diterima Shangri-la.
Pertama mendapat Jaringan Hotel Terbaik di kawasan Asia Pasifik.
Kedua, Bisnis Hotel dan Resort Terbaik di wilayah Cina.
Ketiga, masuk dalam Grup Hotel Terbaik di Dunia.
Keempat, brand Hotel Mewah yang Terbaik, dan
brand Hotel dengan Konsep Bisnis Terbaik kawasan Asia -Pasifik.
Harga dalam bauran pemasaran Shangri-la Hotels and Resorts
Hotel and resort memfokuskan diri pada keluarga, pebisnis, dan liburan.
Khusus untuk masyarakat kelas menengah ke atas.
Dijadikan target pelanggan utama.
Pariwisata merupakan industri terus berkembang.
Ada berbagai pendatang baru di pasar hotel dan resort.
Dalam hal ini terjadi persaingan serius jaringan hotel dan resort.
Meskipun Shangri-la menawarkan berbagai fasilitas premium.
baca juga
tawaran-bisnis-franchise-hotel-dafam/
franchise-maxone-hotels/
franchise-hilton-hotels-and-resorts/
Sementara itu strategi harga hotel dan resort ini tergolong premium.
Terlihat jelas khusus bagi para tamu golongan atas.
Dalam hal ini layanan dan produk premium lebih penting dari uang.
Perusahaan menghadapi persaingan dengan kompetitor lain.
Sehingga memutuskan untuk mengadopsi strategi harga kompetitif.
Sangat mungkin mempertahankan harga setara dan bersaing dengan kompetitor.