15 Manfaat SEO Terbaik untuk Bisnis , Sulit untuk membayangkan bahwa siapa pun yang menjalankan perusahaan dan peduli dengan keberadaan digitalnya belum pernah mendengar tentang pengoptimalan mesin telusur. Manfaat SEO untuk bisnis bisa dibilang tidak terbatas, dan memanfaatkannya dapat meningkatkan kesuksesan merek Anda di pasar.
Tentu saja Anda telah menjelajahi dasar-dasar SEO sejauh ini dan mempelajari cara kerjanya. Namun, saat melakukannya, Anda mungkin telah menemukan bahwa menerapkannya dalam strategi pemasaran digital Anda itu rumit dan memakan waktu. Selain itu, mengoptimalkan konten Anda adalah sebuah proses yang panjang, dan mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk menuai hasilnya. Mungkin ada satu titik di mana Anda bertanya-tanya – apakah itu sepadan dengan semua kerumitannya? Yakinlah bahwa itu sepadan!
Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda 15 manfaat utama SEO untuk bisnis Anda di tahun ini dan jika Anda belum yakin, di akhir artikel ini Anda akan mengetahui mengapa Anda membutuhkan strategi pengoptimalan mesin pencari yang efektif untuk meningkatkan kinerja konten Anda di SERP.
Manfaat SEO untuk Bisnis Anda
Seperti yang telah disebutkan, mungkin perlu waktu beberapa saat sebelum Anda mulai menikmati manfaat SEO , khususnya untuk anda yang mempunyai bisnis besar di daerah DKI jakarta, karena jakarta adalah pusat bisnis indonesia . Ingatlah bahwa pengoptimalan mesin pencari adalah proses yang berkelanjutan. Aturannya terus berkembang dan untuk tetap berada di atas perubahan, Anda harus selalu mengikuti tren SEO terbaru.
Pembaruan SEO yang menarik untuk diperhatikan pada tahun 2022 adalah protokol IndexNow. Google telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengujinya, dan meskipun masih ada jalan panjang sebelum diluncurkan, topik ini sangat menarik untuk diketahui. Dengan protokol IndexNow, Anda akan dapat langsung memberi tahu Google tentang halaman baru, pembaruan, dan menghapus konten yang sudah ketinggalan zaman. Hal ini secara signifikan dapat mempercepat hasil upaya SEO Anda, dan memberi Anda keunggulan kompetitif.
Seperti yang Anda lihat, ranah mesin pencari bersifat dinamis, tetapi perubahan baru apa pun yang muncul di tahun 2022, kemungkinan besar akan berkontribusi pada manfaat SEO untuk bisnis Anda.
Jadi, mari kita lihat apa lagi yang bisa dilakukan SEO untuk Anda.
- SEO Menghasilkan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik
Ada banyak cara untuk meningkatkan situs web Anda dan memaksimalkan pengalaman pengguna. Hal ini termasuk memberikan informasi yang relevan kepada audiens Anda, foto atau video terkait untuk mendukung teks, halaman web yang mudah dinavigasi, dan konfigurasi situs web yang ramah seluler.
Sebagai contoh, jika Anda menampilkan animasi di halaman Anda tetapi tidak dirender dengan baik, hal ini akan menyebabkan pengalaman pengguna yang tidak menyenangkan. Mengoptimalkan animasi akan membuatnya lebih mudah dideteksi oleh Google. Dengan cara ini, ketika pengguna menggulir ke bawah halaman dan mencapai konten animasi, mereka akan dapat menikmatinya karena akan berjalan dengan lancar, alih-alih berhenti dan tersendat-sendat.
Pengalaman pengguna yang lebih baik menghasilkan lebih banyak klik, lebih banyak prospek, ingatan merek yang lebih baik, dan tingkat konversi yang lebih tinggi.
Pengunjung situs web dan mesin pencari menghargai UX yang baik, dan memberikannya akan meningkatkan peringkat Anda dan membuat orang lebih lama berada di halaman Anda.
Pada pertengahan tahun 2021, Google menambahkan laporan penting web inti di Search Console bagi pengelola situs web untuk melacak pengalaman halaman di properti mereka. Dengan menggunakan fitur ini, pada tahun 2022, bisnis dapat dengan mudah mengidentifikasi kinerja halaman lanjutan, dan masalah SEO serta meningkatkan pengalaman pengunjung terhadap konten mereka. Dikombinasikan dengan laporan performa penelusuran, yang juga baru saja ditingkatkan, bisnis memiliki alat canggih yang dapat digunakan untuk memanfaatkan manfaat SEO.
Sumber
- SEO Adalah Sumber Utama dari Prospek
Strategi inbound adalah sumber prospek yang paling efektif dan sukses di antara Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C), dan organisasi nirlaba. Inbound mencakup optimasi mesin pencari, media sosial, pemasaran konten, rujukan dan lain-lain.
Namun, jika Anda tidak menghasilkan prospek baru dari taktik SEO Anda, maka Anda harus merevisi pendekatan Anda dan memastikan Anda menargetkan audiens yang tepat. Selain itu, periksa juga pesaing Anda, mungkin pemain lain di pasar mengoptimalkan konten mereka dengan lebih baik dan mendapatkan bagian dari kue.
Menurut Alexa, mesin pencari adalah sumber utama lalu lintas situs web untuk sebagian besar industri. Saat ini, Penelusuran adalah cara proaktif utama bagi pengguna untuk menemukan sebuah merek. Coba pikirkan – seberapa sering Anda mengetikkan nama domain lengkap di browser? Dan seberapa sering Anda hanya mengetikkan apa yang Anda ingat dari domain tersebut di Google dan menyerahkan sisanya pada teks prediktif? Kasus dan intinya!
- SEO Membawa Tingkat Penutupan yang Lebih Tinggi
Statistik menunjukkan bahwa rata-rata 14,6% tingkat penutupan dicapai dari prospek SEO, dibandingkan dengan 1,7% dari prospek outbound. Menjangkau pelanggan (prospek outbound atau cold lead) sering kali menghasilkan tingkat konversi yang lebih rendah karena interaksi tidak diminta.
Sedangkan prospek SEO adalah pelanggan yang telah melakukan riset online dengan persyaratan dan tujuan tertentu dan datang ke produk atau layanan Anda. Hal ini membuat mereka menjadi prospek yang memenuhi syarat pemasaran (MQL) atau bahkan prospek yang memenuhi syarat penjualan (SQL) dan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.
- Hasil SEO untuk Tingkat Konversi yang Lebih Tinggi
Peringkat yang baik dari situs Anda di mesin pencari mana pun dapat secara signifikan meningkatkan tingkat konversi Anda. Jika Anda berhasil mempertahankan posisi teratas cukup lama, target pasar Anda akan segera menjadi lebih sadar akan bisnis Anda dan kualitas pekerjaan Anda. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi Anda sebagai otoritas dalam industri Anda.
Ketika pelanggan menjadi lebih akrab dengan merek Anda dan pengetahuan mereka tentang produk/layanan meningkat, ada kemungkinan besar bagi pelanggan untuk menutup kesepakatan dengan Anda.
baca juga
- Tarif Pajak Badan Usaha CV
- Kenali Dua Kategori Hak Wajib Pajak
- Lembaga Keuangan Perlu Konsultan Pajak?
- Pajak Digital: Kesempatan atau Ancaman?
- Cara Daftar Lembaga Keuangan di Coretax?
- SEO Mempromosikan Manajemen Biaya yang Lebih Baik
SEO adalah dasar dari pemasaran inbound yang sukses dan, dengan demikian, SEO dapat membantu Anda mengoptimalkan manajemen biaya dan menghemat sumber daya dari berbagai divisi bisnis Anda.
Pembuatan Prospek Berbiaya Rendah. HubSpot melaporkan bahwa biaya perolehan prospek masuk 61% lebih murah daripada prospek keluar.
Iklan yang Lebih Murah. Ketika Anda sudah memiliki peringkat teratas, Anda tidak perlu berinvestasi dalam membayar per klik atau mengiklankan halaman Anda. Anda akan terus berada di atas hasil pencarian lainnya selama orang mengklik tautan pencarian Anda.
Aktivitas Terkait yang Hemat Biaya. Tugas pemasaran yang terkait dengan perolehan prospek masuk termasuk manajemen media sosial, blogging, rujukan, dll. Semua ini hanya membutuhkan sedikit atau tanpa biaya sama sekali. Di sisi lain, aktivitas perolehan prospek keluar, termasuk membuat penawaran, mengunjungi klien, atau penjualan langsung, yang semuanya bisa sangat mahal.
Manajemen biaya yang lebih baik hanyalah salah satu manfaat SEO untuk bisnis Anda. Menggunakan alat pelacak peringkat yang tepat dapat membantu Anda meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik yang mengarah ke situs web Anda. Dengan melacak posisi Anda, Anda dapat memastikan bahwa Anda selalu berada di atas SERP dan pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan konten Anda di halaman pertama.
- SEO Mendorong Pengguna Lokal untuk Mengunjungi Toko Fisik Setelah Pencarian
SEO lokal sangat bermanfaat bagi bisnis kecil dan perusahaan yang memiliki kehadiran offline dan bukan hanya digital. Setelah melakukan pencarian lokal, ada kecenderungan tinggi bagi pelanggan untuk mengunjungi lokasi fisik. Faktanya, studi Think with Google menunjukkan bahwa 76% orang yang melakukan pencarian “di dekat saya” mengunjungi toko terkait dalam waktu 24 jam dan 28% di antaranya melakukan pembelian.
Sebagai contoh, seorang pengguna internet mengetikkan “Restoran Seafood Terbaik di Chicago”. Ini kemudian akan menampilkan berbagai pilihan. Orang tersebut akan mengunjungi pilihan utama mereka dan mungkin akan menjadi pelanggan restoran tersebut.
- SEO Membangun Kredibilitas Merek
Peringkat pertama, kedua, atau ketiga dapat memberikan gambaran kepada pelanggan Anda bahwa Anda adalah salah satu pemain terbaik di industri ini. Manfaat lain dari SEO adalah menunjukkan bahwa apa yang Anda tawarkan lebih baik daripada pesaing.
Di sisi lain, jika Anda berada di bagian bawah hasil mesin pencari, orang mungkin tidak menemukan Anda atau, jika mereka menemukan Anda, mereka mungkin berpikir bahwa Anda tidak memiliki kredibilitas atau keahlian dalam industri ini. Hal ini juga dapat membuat beberapa pelanggan mempertimbangkan kembali untuk berbisnis dengan Anda dan memilih seseorang yang memiliki kehadiran online yang lebih solid dan reputasi yang lebih baik.
Selain itu, mulai akhir tahun 2021, konten terkait berita dari semua penyedia, tidak hanya penerbit digital, memenuhi syarat untuk muncul di Google Berita Populer. Artinya, jika Anda menulis tentang topik yang segar dan terkini yang menjadi perhatian audiens dan mengoptimalkan konten Anda untuk Google News, pada tahun 2022, Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk meningkatkan kredibilitas dengan tampil di halaman depan internet.
- SEO Membantu Membangun Kesadaran Merek
Kesadaran merek adalah sejauh mana target pasar mengenali sebuah merek. Hal ini mengacu pada seberapa akrab pelanggan Anda dengan produk atau layanan Anda. Menurut Investopedia,
“Menciptakan kesadaran merek adalah salah satu langkah kunci dalam mempromosikan produk.”
Pengoptimalan mesin pencari memastikan bahwa produk Anda mudah ditemukan dalam pencarian organik. Setelah Anda tetap berada di peringkat teratas, orang akan dapat melihat Anda dengan lebih mudah.
Hal ini akan meningkatkan kemungkinan link Anda untuk diklik dan mendatangkan lebih banyak pengguna ke situs web Anda.
Membangun kesadaran merek Anda lebih jauh lagi adalah salah satu manfaat utama SEO untuk bisnis Anda. SEO mempromosikan pemasaran dari mulut ke mulut dan dapat membantu Anda membangun bisnis dan meningkatkan penjualan.
- SEO Memastikan Keramahan Situs Web Anda di Perangkat Seluler
Sebenarnya, SEO tidak meningkatkan keramahan situs web Anda di perangkat seluler – justru sebaliknya, untuk mendapatkan keuntungan SEO, Anda memerlukan situs web yang terlihat dan berfungsi dengan baik di perangkat seluler.
66% dari semua lalu lintas web sekarang berasal dari perangkat seluler, dan jika situs web Anda tidak dioptimalkan agar terlihat bagus di layar dengan berbagai bentuk dan ukuran, pelanggan Anda tidak akan bertahan lama di halaman situs web Anda.
Dengan pengindeksan mobile-first Google yang mulai berlaku pada tahun 2021, situs web yang tidak ramah seluler akan kehilangan visibilitasnya di hasil penelusuran organik. Tidak mematuhinya dapat membahayakan semua upaya pembuatan konten Anda dan sangat merugikan bisnis Anda.
SEO bermanfaat bagi pengalaman pengguna karena menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan navigasi situs web yang lebih mudah.
Selain itu, pada Oktober 2021, Google memperkenalkan pengguliran berkelanjutan di seluler. Setelah pembaruan ini, hasil pencarian tidak akan ditampilkan di halaman terpisah seperti sebelumnya, tetapi sekarang digabungkan menjadi satu seperti di situs web satu halaman. Artinya, pada tahun 2022, tautan yang tidak berhasil masuk ke halaman pertama akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk dilihat dan diklik oleh pengguna.
Jika Anda ingin membuat situs web Anda ramah seluler, Google akan membantu Anda memulainya.
- SEO Dapat Menjadi Strategi Pemasaran Jangka Panjang
Seperti yang telah disebutkan, SEO adalah strategi pemasaran jangka panjang. Enam bulan adalah durasi minimum bagi sebuah situs web untuk mempertahankan peringkat yang optimal. Kabar baiknya adalah, meskipun butuh waktu yang lama untuk mencapai peringkat teratas, menurunkan peringkat juga membutuhkan waktu.
Namun, algoritme Google secara teratur berubah dan diperbarui, dan pesaing lain juga bekerja keras untuk meningkatkan keunggulan SEO mereka. Memantau peringkat Anda akan memungkinkan Anda untuk melacak kinerja Anda dan melakukan penyesuaian ketika terjadi fluktuasi dalam kinerja Anda.
Jika Anda tetap berada di atas tren SEO terbaru, Anda akan dapat terus meningkatkan pengoptimalan mesin pencari halaman Anda dan akan mempertahankan posisi yang menguntungkan Anda di SERP.
- SEO Membantu Anda Mendapatkan Pangsa Pasar
Berada di urutan teratas dalam daftar pencarian berarti kemungkinan besar situs web Anda ditemukan oleh calon pelanggan. Setelah mereka menemukan informasi yang dibutuhkan di situs web Anda, mereka dapat menjadi prospek, dan pada akhirnya berubah menjadi pelanggan.
Prospek dapat melakukan pembelian, mendaftar keanggotaan, atau berlangganan buletin. Intinya, tingkat konversi Anda meningkat. Setelah hal ini terjadi, pangsa pasar Anda akan tumbuh dan begitu pula dengan bisnis Anda.
- SEO Menciptakan Sinergi dari Semua Kegiatan Pemasaran Digital
Semua strategi pemasaran digital Anda berkontribusi pada keberhasilan upaya pengoptimalan mesin telusur Anda. Kegiatan seperti pemasaran konten, email langsung, pemasaran media sosial, blogging, manajemen web, eCommerce, dan lainnya akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.
Ketika semua aktivitas pemasaran digital Anda terintegrasi dan selaras menuju tujuan yang sama, Anda akan mencapai kesuksesan dalam strategi Anda, termasuk SEO.
- SEO Meningkatkan Pengikut Anda di Media Sosial
Meningkatkan visibilitas Anda dalam pencarian organik berarti semakin banyak orang yang mengetahui tentang Anda dan, jika konten Anda bagus, mereka akan menganggap Anda sebagai otoritas di bidang Anda. Karena platform media sosial adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi terkini bagi sebagian besar pengguna online saat ini, orang-orang akan mulai mengikuti profil Anda untuk menjadi yang pertama melihat pembaruan yang relevan.
Pada saat yang sama, mempertahankan aktivitas sosial dan berinteraksi dengan pelanggan Anda dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda, meningkatkan kredibilitas merek Anda, dan, dengan demikian, meningkatkan keuntungan dan peringkat SEO Anda secara keseluruhan.
- SEO Meningkatkan Kecepatan Situs Web
Kecepatan situs web adalah salah satu sinyal pengalaman pengguna Google, dan sekarang dapat secara serius mempengaruhi peringkat Anda. Dengan adanya pembaruan pada web vital utama, waktu pemuatan halaman dapat mempengaruhi bagaimana mereka bersaing dengan halaman lain yang memiliki konten serupa.
Jika situs web Anda tidak lancar, konten berpindah posisi saat dimuat, dan pengguna harus menunggu untuk dapat berinteraksi dengannya, hal ini akan merugikan UX. Dan jika ada halaman yang dapat menawarkan nilai yang sama tetapi tanpa kerumitan, halaman tersebut akan mengalahkan Anda di SERP.
Mengoptimalkan konten Anda untuk menghindari hal tersebut tidak hanya akan meningkatkan posisi Anda dalam penelusuran organik, tetapi juga akan mempercepat situs web Anda, yang akan memastikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung Anda, mengurangi rasio pentalan, dan bahkan dapat meningkatkan penjualan Anda.
- SEO Membawa Anda Menjadi yang Terdepan dalam Persaingan
Salah satu manfaat SEO yang paling menguntungkan, yang menyatukan semua yang telah kita bahas sejauh ini, adalah SEO dapat membantu Anda mengalahkan persaingan.
Dengan membuat merek Anda lebih mudah dikenali dan membangun kredibilitas, Anda mengukuhkan posisi Anda sebagai pemimpin industri dan otoritas di bidang Anda. Pelanggan akan selalu bertaruh pada pilihan yang memberi mereka lebih banyak keamanan dan mencakup lebih sedikit risiko, dan berada di atas SERP menunjukkan bahwa orang lain telah mempercayai Anda dan Anda telah menyediakannya.
Anda akan tumbuh sebagai sebuah bisnis setelah Anda menerapkan strategi pemasaran digital pada keseluruhan rencana organisasi Anda.