Franchise Papa John’s berkembang berdasarkan kiprah John Schnatter.
Pada awalnya, dia bermimpi membuka restoran pizza sendiri sejak ia menjadi siswa sekolah menengah.
Pada saat itu, dia bekerja di sebuah kedai pizza lokal di Jeffersonville, Indiana.
Pekerjaan partimenya itu membuatnya bermimpi untuk memiliki sendiri kedai pizza.
Setelah mendapatkan gelar bisnisnya dari Ball State University pada tahun 1983, ia kembali ke rumah.
Hal pertama yang dilakukannya adalah merobohkan lemari sapu di kedai ayahnya, menjual mobilnya untuk membeli peralatan restoran bekas dan mulai mengantarkan pizza.
Restoran Papa John pertama dibuka pada tahun 1985, dan perusahaan mulai melakukan waralaba pada tahun 1986.
Hari ini, impian Schnatter telah menghasilkan ribuan restoran Papa John di seluruh dunia.
Profil Papa John’s Pizza
Papa John’s Pizza adalah perusahaan waralaba restoran Amerika.
Perusahaan ini menjalankan rantai bisnis waralaba restoran pengiriman pizza terbesar keempat di Amerika Serikat.
Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Jeffersontown, Kentucky, pinggiran kota Louisville.
Restoran Papa John didirikan pada tahun 1984 ketika “Papa” John Schnatter merobohkan lemari sapu di belakang kedai ayahnya, Mick’s Lounge, di Jeffersonville, Indiana.
Dia kemudian menjual Camaro Z28 1971 miliknya untuk membeli peralatan pizza bekas seharga US $ 1.600.
Setelah itu, dia mulai menjual pizza dan terbukti cukup populer sehingga setahun kemudian dia pindah ke tempat yang menjanjikan kepemilikan usahanya.
Kekhasan Papa John’s Pizza
Kekhasan papa john’s pizza ada pada saus yang dicelupkan.
Saus itu ditemukan oleh Papa John’s Pizza pada tahun yang sama sejak memulai bisnis.
Sejak awal saus itu menjadi daya tarik utama saat makan pizza papa John’s.
Dengan cita rasa yang khas, perusahaan go public pada tahun 1993.
Setahun kemudian memiliki 500 toko, dan pada tahun 1997 telah membuka 1.500 toko.
Direview Oleh Majalah Dunia
PMQ Pizza Magazine mereview pada bulan Desember 2016 dan menyatakan bahwa perusahaan Papa Johns’s adalah restoran pengiriman pizza terbesar ketiga di Amerika Serikat.
Profitabilitas dan kebersihan perusahaan dalam menyajikan makanan jauh dari pesaing lainnya.
Pada tahun 2014 margin bersihnya adalah 4,6% dari total penjualan.
Margin tersebut mengalahkan merek Pizza Hut, yang mana margin bersihnya adalah 7,9%.
Waralaba Papa John’s
Papa John’s juga menawarkan kemitraan dengan konsep waralaba.
Pewaralaba diharuskan membayar biaya waralaba satu kali saja sebesar $ 25.000 per restoran.
Pewaralaba juga dikenai biaya royalti 5% dari penjualan bersih, ditambah biaya untuk iklan sebesar 8% dari penjualan bersih.
Perusahaan ini mewajibkan pewaralaba untuk memiliki kekayaan bersih setidaknya $ 250.000.
baca juga
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
Perjalanan Papa John’s di Era Milenium
Anda mungkin ingin tahu lebih banyak kelebihan Papa John’s, simak uraiannya sebagai berikut;
- Januari 2002
Papa John’s menjadi waralaba pizza nasional pertama yang membuat pemesanan online tersedia untuk semua pelanggan A.S.
Sebagian besar waralaba nasional lainnya kemudian menambahkan pemesanan online ke layanan mereka
- 10 Juli 2004
Papa John’s menguasai sekitar 6,6% dari pasar, berdasarakan surveri dari Technomic.
- Juli 2015
Perusahaan memiliki 300 toko di Inggris
Papa John’s beroperasi di seluruh Irlandia, dengan kantor pusat di Ballybrit, County Galway.
- Akhir tahun 2017
Papa John memiliki 42 restoran di Spanyol
Demikian pemaparan tentang kiprah dan juga syarat bergabung sebagai waralaba dengan Papa John’s.
Peluang bisnis pizza di Indonesia sendiri bisa dibilang penuh tantangan, karena tidak semua orang Indonesia akan tertarik dengan pizza.
Meski demikian, model bisnis ini layak untuk dicoba.
+ There are no comments
Add yours