SPBU Shell telah beroperasi sejak tahun “sy, 2005 di indonesia. Hingga saat perusahiaan Nee ini terus mangembangkan jumlah outiet SPBU Shell di berbagai kota, baik dengan modiel Company—Owned, Dealer—Onerated (COD dibangun aleh Shell & diaperasikan oleh Dealer)
maupun model Healer—Owned Oealer-Operated (DODO dibangun & dioperasikan oleh Dealer), Agung Saputra, (4) Team Lead -— PT Shall Indonesia mengatakan langkah kedapan Shell akan optinis bahwa bahan bakar ini dapat diterima dengan baik oleh Konsumen Indonesia.
“Selain itu Shell akan menjadi peluang bagi pengusaha |okal untuk turut bermitra dengan kami uniuk mengembangkan bisnis SPBU Shell di indonesia. Selain itu, sistem DODO juga merupakan bentuk Komitmen kami dalam melakukan knowledge transfer kepada pengusaha—pengusaha lokal Indonesia,” kata
- Shell sendiri sudah 3 tahun silam menawarkan peluang kerja sama kemitraan
Shell memeriukan waktu yang cukup urituk mempersiapkan sistem pendukung/suppart system yang kokoh untuk mendukung semua mitra.
“Dukungan kami kepada mitra dinulai sejak awal pemilihan lokasi SPBU, desain dan Pengawasan proses pembangunan SPAU, hingga seielah SPBU mulal berogerasi,” ujar pria yang memiliki hobi olahraga sepeda gqunung.
Saat ini Shell sudah mendapatkan respon yang positif dari pasar. Hal ini terbukti dari sejumlah perusahaan yang bergabung dalam model Kemitraan Dealer—Owned Dealer— Operated (DODO) mi.
Dalam skema DODO, mitra bisnis Shall-lah yang menyewa atau memiliki lahan dan peralatannya. Sedangkan Shell hanya menjadi pemasok BEM atau pelumas. Untuk perizinan dan pembanguran SPBL! dilakukan mitra Shell dengan dukungan Shell, Dengan skema ini, mitra bisns Shell bisa mendapat laba optimal,
Kemitraan dengan model Dealer— Owned Qealer—Operated (DODO) ini dimulai dengan mitra mengajukan bokasi untuk calon SPBU tersebut kepada tim Shell untuk kermudian kami
melakukan review terhadap lokasi tersebut. Selelah proses review selesai dan kesepakatan tercapal antara kedua pihak, maka Shell akan menandatangani perjanjian kerjasama dengan mitra.
“Mahon digarisbawahi batwa Shell tidak mengenakan biaya (fee) apapun bagi mitra untuk proses review Iokasi calon SPBU tersebut. Demikian pula dengan penandatanganan perjanjian kerasama antara Shell dan mitra, tidak ada biaya yang dikenakan oleh Sheil,” tambah Agung,
Beberapa jenis pelatihan telah diversiapkan oleh manajemen quia mendukung para mitra. Seniva mitra harus menyelesaikan pelathan= pelatihan ini sebelum mulai menjalankan SPBU Shell Hal ini citujukan agar mereka siap mengoperasikan SPBU Shell tersebut secara aman dan memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen,
Adapun 2 keuntungan investor bargabung menjadi mitra Shell. Pertama adalah keurbtungan finansial dari penjualan bahan bakar Shell Perseniase bagi hasil yang kan berikan kompetitil, dan kami pun secara rulin melakukan
review skema bagi hasil tersebut untuk memberikan keuntungan optimum bagi mitra.
Kedua adalah keuntungan yang bersifat non—finansial. Shell memiliki lebih dari 43.000 SPBU di seluruh dunia. Ada banyak sekali ide—ide yang dapat kami perkenalkan hagi Konsumen dan mitra kami di Indonesia. Tentu hal Ini menjadi nial tambah penting bagi mitra kami, Karena mereka tidak sendiri. Mereka disupport penuh oleh mark kelas dunia dengan pengataman berpuluh—pulut tahun di bidang ritel SPU
Agung berkata dalam penentuan lokasi yang dapat dibangun sebagai SPBU Shell DODO terletak di dalam daerah Area Pengembangan, sarta memenuhi ketentuan seperti terletak di jalan utama yang dilalui oleh kendaraan dalam jumlah besar, Luas tangh sekitar 1500m2 dan minimum 30m lebar muka, Surat—surat kepemilikan tanah jelas dan tanpa sengketa, Mitra berkomitmen untuk membuka SPBU Shell dalam waktu selambat—lambatnya 2 tahun setelah RSA (Retail Supply Agreement) ditandatangani oleh mitra bersana Shell
baca juga
Daftar 1350 Franchise – Waralaba Terbaru Plus Business Opportunity
“Investasi yang akan dikucurkan bergantung kepada besarnya area SPBU dan area ritel non—BBM yang akan dibangun. Semakin besar area ritel, maka beaya inwestasi jupa akan meningkat,” katanya.
+ There are no comments
Add yours