ukms.or.id – Waralaba merupakan bisnis yang sedang tumbuh subur di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.
Alasannya adalah waralaba dinilai sebagai bisnis yang sangat efektif untuk dikembangkan dan mampu tumbuh dengan sangat cemerlang.
Tak jarang pula bisnis waralaba mampu berekspansi hingga ke mancanegara, tentunya usaha tersebut berawal dari langkah yang kecil.
Lebih lagi, standar operasional yang baik juga tidak luput dari pengelolaan waralaba go-Internasional.
Apa yang membuat bisnis waralaba begitu mempesona?
Hal yang perlu diketahui tentang bisnis waralaba adalah merek yang sudah terkenal.
Ya, kekuatan merek adalah daya tarik bisnis ini bagi para investor.
Siapa sih yang tidak memgrnal Mc Donald? Di seluruh penjuru Indonesia mungkin bisa dihitung siapa yang tidak mengenal restoran yang satu ini.
Itulah pertanda bahwa bisnis ini dimenangkan oleh merek yang sudah mendunia sejak puluhan tahun yang lalu.
Ada lagi Starbuck yang mengusung sensasi minum kopi dengan American Style.
Hal tersebut mempertegas bahwa waralaba berkembang dengan merek dan keunikan bisnisnya.
Indonesia pun memiliki bisnis waralaba Es Teler 77 yang sudah terkenal di berbagai kota.
Perkembangan Bisnis Waralaba di Indonesia dan Asia
Apakah bisnis waralaba tergolong berkembang dengan baik dan sudah mengibarkan bendera kesuksesannya?
Meskipun bisnis waralaba sudah menjadi pilihan berbisnis paling efektif, namun masih belum memiliki perkembangan yang signifikan seperti di negera-negara tetangga dan Asia pada umumnya.
Negara Korea Selatan, Thailan, hingga Taiwan sudah mengekspansikan bisnisnya ke Indonesia seperti apa yang telah kita nikmati produknya saat ini.
Beberapa di antaranya adalah makanan khas Korea Selatan, minuman khas Thailand, hingga barang-barang elektronik buatan Taiwan.
Apa yang membuat waralaba luar negeri bisa berekspansi?
Hal yang membuat negara-negara tetangga dan seputaran Asia mampu mengembangkan bisnisnya hingga ke berbagai negara adalah pembinaan yang dilakukan secara berkala dan terkontrol.
Seberapa Penting Pembinaan Diberlakukan Terhadap Bisnis Waralaba?
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membina bisnis waralaba yang cemerlang adalah dengan melakukan pembinaan dan pelatihan.
Terkait pembinaan waralaba ini, pakar franchise, Martin Mandelson menuturkan bahwa Indonesia disarankan untuk membangun Franchise Resource Center.
Pembinaan bagi waralaba diharapkan dilakukan secara terkoordinasi, mengikutsertakan tenaga pelatihan, dan ketersediaan anggaran.
Konsultan bisnis adalah salah satu pilihan yang dapat dihadirkan untuk memberikan pembinaan kepada pebisnis waralaba.
Kucuran dana dari pemerintah turut serta dalam membangun bisnis waralaba seperti apa yang dilakukan oleh pemerintah Malaysia dan Singapura.
baca juga
Inilah menjadi bagian dari alasan ekspansi bisnis waralaba Malaysia.
Program pembinaan waralaba diharapkan mampu berjalan secara berkesinambungan.
Perlu diacungi jempol bagaimana usaha pemerintah Thailand dalam membantu perkembangan bisnis waralaba di sana.
Industri waralaba semakin berkembang di Thailand karena perhatian pemerintah dan asosiasi bisnis yang kompak.
Apakah negara mereka membatasi perkembangan bisnis mereka?
Jawabannya adalah tentu saja tidak. Mereka selalu saja berusaha jalan terus dan maju ke depan menata bisnis apa semestinya harus berjalan dan menyentuh indikator “maju”.
Untuk memajukan perekonomian Indonesia melalui bisnis waralaba, diperlukan adanya sokongan pemerintah agar waralaba senantiasa hidup dan tumbuh subur.
Perkembangan waralaba yang beranak pinak hingga membelah menjadi subwaralaba sebaiknya tidak dihentikan.
Hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana bisnis waralaba tersebut dapat dibina sebagaimana mestinya hingga mampu menyentuh persaingan tingkat global yang juga bisa membanggakan Indonesia.
+ There are no comments
Add yours