Trend Terkini di Dunia Waralaba

Perubahan dan kemajuan bisnis saat ini membuat tumbuhnya beragam inovasi bisnis layaknya jamur yang tumbuh pada pokok kayu yang telah mati.

Beberapa inovasi bisnis tersebut dapat dilihat dari apa yang didirikan oleh bisnis tersebut.

Apa yang melatarbekangi terjadinya inovasi bisnis besar-besaran?

Hal tersebut tidak pernah terlepas dari faktor kemajuan teknologi.

Semakin majunya teknologi, sadar ataupun tidak, maka semakin berjamurlah inovasi bisnis yang benar-benar mengusung kebutuhan “sosial media” saat ini.

Beragam inovasi terkini di bidang bisnis adalah tersedianya spot fotografi yang memberi kesan “instagramable” atau cocok untuk dipajang di sosial media.

Selain itu, terdapat inovasi dalam bentuk pemesanan di mana layanan pesan antar dapat diakses dalam genggaman saja.

Seketika, hal tersebut membuat konsumen berubah haluan dan memilih cara berbelanja dengan memanfaatkan fitur pesan antar tersebut.

Tidak hanya produk belanja, layanan demikian juga tersedia untuk pilihaan jasa dan lain sebagainya.

Bagi para konsumen yang tengah mencari pilihan layanan online sesuai kebutuhan, akan lebih dimudahkan dengan kehadiran layanan online tersebut.

Perkembangan Bisnis di Era Teknologi

Sebelum teknologi merasuki dunia bisnis, pebisnis konvensional menemukan kejayaannya.

Orang-orang sesering mungkin menggunakan alat transportasi yang dipesan secara langsung tanpa melibatkan teknologi.

Namun, ketika teknologi menyasar dunia bisnis, beragam aplikasi transportassi online mulai diluncurkan.

Kehadiran alat transportasi offline seperti taksi, angkutan umum, dan ojek pangkalan digantikan oleh Grab, Uber, dan Gojek.

Notabennya, aplikasi transportasi online tersebut dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dan mudah untuk didapatkan.

Situasi seperti ini membuat keadaan transportasi offline semakin sulit untuk bergerak, sehingga mereka merasakan dampak penurunan konsumen.

Tidak hanya sampai di situ, perkembangan toko-toko offline juga disasar oleh kemajuan teknologi.

Mereka bertransformasi membuka toko-toko online pada aplikasi Bukalapak, Lazada, Blibli, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menggerus eksistensi para pedagang konvensional dan ritel, kehadiran toko-toko online juga menggoyahkan kehadiran travel konvensional.

Pasalnya, mereka juga menggunakan transportasi yang telah ditunjuk dalam menyalurkan barang kepada konsumen.

Gambaran Perkembangan Bisnis Konvensional dalam Beberapa Tahun ke Depan

Perubahan bisnis terkini membuat para pebisnis konvensional menarik napas lebih dalam untuk menemukan langkah selanjutnya.

Apakah mereka harus terseret kemajuan zaman atau berlari menemukan inovasi terkini.

Seluruh lapisan bisnis pun turut serta dalam arus digitalisasi.

Trend terkini di dunia waralaba mulai bermunculan dengan menghadirkan konsep bisnis kekinian yang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Tidak hanya di dunia transportasi dan perdagangan, dunia kuliner pun turut mengikuti arus digitalisasi tersebut.

Saat ini kita mengenal kehadiran Amazone Acay, Burgreen, Berry Well, dan Nalu Bowl yang membuat gebrakan makanan sehat sebagai kebutuhan masyarakat saat ini.

Mereka menyasar konsumen yang tergerak pribadinya dengan hanya mengonsumsi makanan sehat seperti salad dan sejenisnya.

Ini juga dilatarbelakangi oleh sikap masyarakat saat ini yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Perubahan dari masa ke masa yang disebabkan oleh pengaruh digitalisasi membuat seluruh kalangan dengan keadaan mau tidak mau atau suka tidak suka juga terlibat dalam hal ini.

Semakin ketertinggalanya pebisnis terhadap perkembangan zaman maka akan membuat eksistensi bisnis tersebut dipertanyakan.

baca juga

    Bisakah mereka berlanjut?

    Pertanyaan tersebut tidak akan terlepas dari inovasi terkini atau trend bisnis yang sedang berlaku.

    Beberapa di antaranya adalah peluncuran second brand, pembukaan resto berbasis tradisional, atau memanfaatkan trend bisnis saat ini.

    You May Also Like

    More From Author