ukms.or.id – Ada apa dengan SOP? Kenapa sebuah bisnis harus memiliki SOP yang terstuktur secara baik?
SOP adalah sebuah akronim dari Standard Operating Procedure. Sesuai dengan namanya, SOP dibuat untuk memenuhi suatu prosedur pekerjaan.
SOP dinilai sangat penting keberadaannya karena SOP adalah tindak tanduk dalam menentukan langkah sebuah pekerjaan.
Apakah SOP hanya diberlakukan bagi bisnis yang telah sukses atau maju? Tentu saja tidak.
SOP harus dimiliki oleh setiap bisnis, baik yang sedang merintis atau yang sudah maju sekalipun.
Lebih lagi jika bisnis tersebut dikategorikan sebagai bisnis yang maju, maka SOP harus dibuat secara efektif, efisien, dan optimal.
Sesekali, dibutuhkan adanya evaluasi untuk memastikan apakah SOP berjalan dengan semestinya atau tidak.
Sehingga, akan ditemukan nantinya tentang pembaharuan SOP atau “menghilangkan” poin yang dirasa tidak relevan lagi.
SOP dan Penerapannya dalam Bisnis Franchise
SOP dibuat dengan tujuan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan seluruh aspek yang menjalankan bisnis tersebut bisa berkembang dengan baik.
Ketidakhadiran SOP dalam bisnis franchise dikhawatirkan akan menggangu kelangsungan bisnis dan mengakibatkan kemunduran bisnis tanpa merasakan “perjalanan” bisnis tersebut.
Agar bisnis berjalan dengan optimal, diperlukan adanya SOP yang berisi panduan lengkap tentang pengelolaan usaha yang baik.
Karakteristik SOP Franchise yang Baik
SOP yang baik memiliki kriteria pendukung. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
- Tindakan Harian
SOP yang baik disusun berdasarkan tindak tanduk yang dilakukan di setiap harinya.
Apa yang mesti dilakukan setiap hari harus tertera dengan jelas seperti halnya gambaran pekerjaan.
- Terukur
SOP dibuat dengan “pengukuran” terlebih dahulu. Entah itu pengukuran potensi karyawan, cita-cita bisnis, hingga standar bisnis.
- Arahan Owner
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam menyusun SOP adalah mematuhi arahan owner.
Disarankan untuk tidak melibatkan konsultan dalam pembuatan SOP karena ini hanya mengikat pihak internal saja.
- Kejujuran Karyawan
Jika pembuatan SOP membutuhkan andil konsultan, maka hal yang paaling dipertanyakan adalah kejujuran karyawan.
Ini karena karyawan yang selalu menjalani hari-hari di lingkup bisnia terkait.
Namun, kejujuran karyawan juga harus diizinikan oleh owner terlebih dahulu.
Intinya, karyawan diperbehkan untuk buka suara jika diizinkan oleh sang owner.
- Terbuka
Poin ini memiliki garis sambungan antara pemilik bisnis dan karyawan.
Sesama karyawan owner harus saling berusaha membutuhkan dalam dunia bisnis. Bisnis franchise diharapkan saling terbuka kepada pemilik franchise
- Sederhana
Bahasa memang mencerminkan bangsa. Namun, untuk hal ini Anda diminta agar mampu mengerti dan mengolah bahasa secara sederhana.
Membaca adalah hal yang memuakkan namun itu tidak berlaku jika berkaitan dengan SOP.
- Rahasia
Seluruh aspek yang tidak diperkenankan untuk diekspos, tidak boleh diekspos. Lebih lagi jika hal tersebut mengandung rahasia di mana hanya boleh diketahui oleh pemilik bisnis itu sendiri.
- Detail
Bisnis fraanchise yang baik harus diterangkan secara efektif dan terperici, mulai dari perjanjian bisnis hingga SOP.
baca juga
Bisnis franchise yang diperhitungkan adalah bisnis yang memahami pembuatan SOP-nya.
Mereka membuat SOP penuh dengan perhitungan dan berifat mengikat, sehingga dapat dituntut di kemudian hari jika salah satu pelaku bisnis tidak memahami SEO.
Sekali lagi, bisnis franchise menghendaki penyusunan SOP secara jalas dan detail tanpa memberikan informasi pribadi terkait pemiik binis.