Video Game Jadi Soft Power Indonesia

ukms.or.id – Video Game Jadi Soft Power Indonesia , Game berpotensi mendongkrak popularitas dan ekonomi sebuah negara. Apalagi kalau negara tersebut memiliki pengembang game yang berkelas dunia. Ini yang membuat game dalam format video menjadi soft power bagi banyak negara, termasuk Indonesia.

Sebagai negara dengan kekuatan ekonomi besar di dunia, Indonesia merupakan salah satu negara yang memilki pengaruh yang cukup besar di dunia internasional Pengaruh yang dimiliki Indonesia
Ini bisa dielaborasi lebih tinggi dengan mengutilis soft power terutama video game sebagai salah satu kanal utamanya.

Meroketnya popularite video game terutama di kalangan anak muda di sebuah negara mampu membentuk persepsi dan memperluas negara tersebut di kancah internasional. Apalagi kalau hal ini didukung oleh semakin banyaknya pengembang game lokal yang memiliki kapabilitas bagus.

Konsep Soft Power

Soft power merupakan sebuah konsep dalam mu politik yang dapat diartikan sebaga sebuah kemampuan oleh negara atau ent politik untuk bisa membentuk persepsi dan keputusan tanpa melibatkan koerst, paksaan, atau pemberian uang.

Sehingga dapat dipahami bahwa soft power merupakan kemampuan

Agate sebagai pengembang game di Indonesia saat ini sedang berusaha untuk menembus pasar game global dengan menawarkan keahlian dan pengalaman terbaik dan pengembang lokal Indonesia.

Agate sedang berfokus untuk bisa mengambil bagian dalam pengembangan game dengan skala internasional


Langkah ini diambil dalam usaha untuk terus meningkatkan kapabilitas dari pengembang Indonesia untuk bisa bersaing dan merasakan projek dalam skala Internasional.

Meningkatnya kualitas pengembang dan perusahaan lokaln diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan kualitas video game di Indonesia. Pertumbuhan kualitas ini kemudian bisa berkontribusi pads semakin menguatnya citra dan posisi Indonesia di kancah internasional.

suatu negara untuk bisa mempengaruhi nagara kalangan anak muda di
lain dengan menggunakan medium seperti nilai-nilai ekonomi dan budaya termasuk
budaya populer, seperti fim, musk, Ineratur, termasuk video game


Video games sudah cukup sering diutilisasi terutama oleh negara dengan judul video game yang sudah melekat erat dengan komunitas game. Misalnya, di Jepang, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pemah muncul pada penutupan Olimpiade Rio 2016 dengan menggunakan kostum Mario saat mengumumkan Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2022.

Hal ini menunjukkan bahwa Jepang sebagai negara sudah mengintegra video game sebagai bagian dan taktik mereka dalam upaya diplomasi di kancah intemasional.

baca juga


    Soft Power Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu negara dengan pasar video game terbesar di Asia dan dunia. Selama beberapa tahun ke belakang. Indonesia secara konsisten selalu berada di posisi tiga besar. Besamya potensi pasar ini kemudian menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan industri video game lokal Sat ini, pertumbuhan perusahaan video game lokal juga menunjukkan angka pertumbuhan yang cukup sehat

    Pertumbuhan ini pastinya didorong dengan pertumbuhan talenta pengembang video game yang sehat.
    Perkembangan industri ini kemudian juga berdampak terhadap peningkatan kualitas video game yang diproduksi di Indonesia Ini turut berdampak terhadap peningkatan popularitas video game dan developer Indonesia di kancah internasional.


    Meroketnya popularitas video game terutama di sebuah negara mampu membentuk persepsi dan memperluas negara tersebut di kancah internasional.

    Leave a Reply